infosawit

Kebijakan Sawit di Gambut, Sekadar Larangan atau Merujuk Fakta Ilmiah?



Kebijakan Sawit di Gambut, Sekadar Larangan atau Merujuk Fakta Ilmiah?

InfoSAWIT, JAKARTA - Saat ini penanaman di lahan gambut berkedalaman lebih dari 3 meter dilarang. Namun demikian, larangan itu apakah merujuk fakta ilmiah atau sekadar sebagai pelarangan tanpa alasan?

Peneliti tanah asal Malaysia, S. Paramananthan dari Param Agricultural Soil Surveys (M) sdn. Bhd., mengungkapkan, tanah gambut di Asia dengan di Eropa memiliki karakteristik yang berbeda, lantaran tanah gambut di Eropa terbentuk dari rerumputan sementara tanah gambut di Asia kebanyakan terbentuk dari kayu, ini terjadi lantaran Asia memiliki banyak hutan dengan pohon berkayu.

Sebab itu, tutur Paramananthan atau yang akrab dipanggil Param, tidak bisa mengkategorikan gambut Eropa serupa dengan tanah gambut di Asia. “Menyamakan kategori gambut itu salah,” kata Param.

Sebab itu wajar bilamana pembudidayaan tanah gambut untuk tanaman sawit biasanya diketemukan masalah jika diketemukan dasar tanah gambut dengan tumpukan kayu, sehingga menyulitkan dalam proses budidaya. “Jika menanam di lahan gambut biasanya kayu menjadi halangan dalam budidaya,” katanya kepada InfoSAWIT belum lama ini di Jakarta.

Apalagi kayu-kayu itu tidak bisa diangkat ke atas permukaan, akan menjadi lebih sulit lagi jika ada areal gambut dengan karakteristik kayu yang sangat keras, kondisi demikian dipastikan bakal mengerek ongkos dalam mengembangkan areal tersebut.

Sebab itu, dalam membudidayakan gambut memang butuh persiapan matang dengan berbagai penelitian sebelumnya. Kata Param, penggunaan gambut untuk budidaya sejatinya tidak dibatasi oleh kedalaman gambut.

Ini diketahui setelah Param Agricultural Soil Surveys (M) sdn. Bhd., melakukan penelitian mengenai budidaya di lahan gambut, antara gambut berkedalaman 1,5 meter dengan gambut 3 meter.

Dari penelitian tersebut diketahui kedalaman gambut tidak mempengaruhi hasil budidaya. “Berdasarkan penelitian kami, dari mahasiswa program doktoral di Malaysia membandingkan penanaman sawit di lahan gambut kedalaman 1,5 m dengan lebih dari 3 meter hasilnya sama,” kata Param.

Dengan demikian menjadi jelas, bahwa areal gambut bisa dibudidayakan dengan kedalaman berapapun. Hanya saja untuk budidaya kelapa sawit di lahan gambut masalah yang muncul terkait diketemukannya dasar lahan gambut dengan dinding kayu yang keras atau tidak, sebab berkaitan dengan perakaran pohon sawit. (T2/Majalah InfoSAWIT Edisi November 2015)

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit