infosawit

JeJak Pengusaha Sawit Asli Daerah (Bagian 1)



Dari Kiri: Dirjenbun, Bambang; Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran; Pemilik Citra Borneo Indah, Abdul Rasyid.
 JeJak Pengusaha Sawit Asli Daerah (Bagian 1)

InfoSAWIT, JAKARTA - Disela pesatnya pertumbuhan industri perkebunan kelapa sawit nasional. Beberapa pemodal asal daerah pun nampak ta k mau ketinggalan. Bahkan tidak sedikit yang bakal menjelma menjadi pelaku dengan perkebunan kelapa sawit besar.

Bisa jadi banyak yang menganggap pemain perkebunan kelapa sawit nasional, masih didominasi pemilik konglomerat nasional. Iya, anggapan itu memang benar adanya,  tapi itu untuk sepuluhtahun silam.

Kini, kondisinya sudah jauh berbeda, lantaran pemodal asal daerah pun seperti tak mau ketinggalan, dan tidak sekadar hendak mencicipi legitnya industry perkebunan kelapa sawit nasional.

Terbukti banyak diantaranya bahkan sudah memiliki landbank ratusan ribu hektar, dan membentuk perusahaan perkebunan kelapa sawit secara profesional dan modern, sementara yang lainnya terus mengejar ketertinggalan.

Bila kondisinya demikian tentu saja pemain lokal tidak bisa dianggap remeh, lantaran bisa disetarakan dengan perkebunan kelapa sawit nasional yang telah berdiri duluan. Tidak itu saja, munculnya pemain lokal menjadi angin segar bagi bertumbuhnya perekonomian daerah setempat.

Berdasarkan penelusuran InfoSAWIT, tercatat ada beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit yang dibangun dan dirintis oleh pemodal lokal, sebut saja perkebunan kelapa sawit milik Haji Abdul Rasyid, asal Kalimantan Tengah, bernama PT Citra Borneo Indah. Telah menjelma menjadi perusahaan perkebunan kelapa sawit yang patut diperhitungkan.

Lahirnya PT Citra Borneo Indah, tidak lepas dari sosok Abdul Rasyid, yang sebelumnya adalah seorang anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari Utusan Daerah periode 1992-1997.

Kala itu Abdul Rasyid masih dikenal sebagai pengusaha kayu asal Kalteng. Banyak pihak tidak menduga bila dikemudian hari Abdul Rasyid mampu bertahan, bahkan bisa membangun perkebunan kelapa sawit dengan luasan ribuan hektar.

Bahkan pada penghujung tahun 2013 lalu, lewat anak usahanya PT Sawit Sumbermas Sarana telah mampu melantai di Bursa Efek Indonesia, dan resmi menjadi perusahaan publik. (T2/Terbit di Majalah InfoSAWIT, Edisi Januari 2015)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit