infosawit

Regulasi Terkadang Dibuat tanpa Melihat Lapangan



Regulasi Terkadang Dibuat tanpa Melihat Lapangan

InfoSAWIT, JAKARTA - Terbitnya kebijakan melarang membakar lahan bagi masyarakat justru memunculkan masalah baru lantaran faktanya kebijakan itu kurang tepat. “Bukannya kami tidak mendukung namun perkembangan kehidupan masyarakat ini lebih cepat dari regulasi yang dibuat oleh pemerintah,” kata Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Arton S Dohong kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

Kondisi demikian justru menimbulkan dilema bagi daerah lantaran kebijakan itu justrumenjadi sebuah kesulitan. Ini selalu menjadi persoalan. Lantas bagimana kita menyikapinya? “Kalau masalah itu, kami tidak bisa melarang masyarakat. Asalkan jangan dilakukan korporasi besar. Kami tidak bisa melarang mereka (masyarakat) karena mereka juga punya hak hidup,” katanya.

Sejatinya, kata Arton, pihaknya menginginkan penegakan hukum di masyarakat, tetapi masyarakat juga butuh lahan untuk berladang guna memenuhi kebutuhan hidup. “Kita juga tidak bisa membiarkan masyarakat mati. Kami hanya bisa menjalankan regulasi dari pusat, namun sayangnya para pembuat regulasi acap tidak melihat lapangan dan dengan hati nurani,” tandas Arton. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit