infosawit

BPDP Sawit Telah Seleksi 600 Proposal Penelitian



BPDP Sawit Telah Seleksi 600 Proposal Penelitian

InfoSAWIT,  BANDUNG - Pada tahun 2016, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) telah dilakukan Pekan Riset Sawit yang pertama dan menampilkan 46 hasil penelitian, diantaranya hasil riset terkait helm filler serat, bioplastik dari tandan kosong kelapa sawit, paket tekonologi papan laminasi menggunakan batang kelapa sawit, surfaktan anionik dari minyak sawit untuk peningkatan produksi minyak bumi di lapangan tua, aplikasi sawit pada smartphone dan lain-lain.

Menurut catatan BPDP-KS pada periofe tahun 2015-2016 BPDPKS telah menyeleksi Sebanyak 600 proposal dan disetujui untuk didanai sebanyak 71 proposal  atau kurang lebih sebanyak 12%. “Pada tahun 2017 telah disusun roadmap riset sawit, pendanaan akan lebih selektif yaitu dengan menetapkan penelitian-penelitian prioritas yang akan didanai oleh BPDPKS,” kata Direktur Utama BPDP-KS, Dono Boestami kepada InfoSAWIT, di Bandung, Selasa (13/2/2018).

Lebih lanjut kata Dono Boestami, pekan riset ini diharapkan dapat menjadi jembatan bagi peneliti sawit Indonesia dengan pihak-pihak pemangku kepentingan sawit sehingga hasil penelitan ini dapat menjadi bermanfaat bagi industri dan masyarakat luas.

“Ruang lingkup penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh BPDPKS saat ini termasuk dalam bidang lingkungan, pangan, budidaya, oleokimia/biomaterial, pasca panen dan pengolahan, bioenergi, sosial ekonomi dan pengembangan pasar,” tandas Dono. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit