infosawit

Jokowi Minta Perguruan Tinggi Buka Jurusan Sawit dan Kopi



Jokowi Minta Perguruan Tinggi Buka Jurusan Sawit dan Kopi

InfoSAWIT, MAKASSAR Pada acara Konfrensi 2018 Forum Rektor se-Indonesia di Auditorium AP Pettarani Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Kamis (15/2/2018) lalu. Presiden Joko Widodo meminta agar kampus-kampus bisa membuka jurusan atau program studi khusus tentang kopi dan kelapa sawit.

Kedua jurusan itu, menurut Presiden, memiliki peluang besar di dunia industri. Sebab itu seluruh universitas di Indonesia diharap bisa jeli melihat perkembangan teknologi dan membuka jurusan atau fakultas yang dapat menyerap tenaga kerja.

Padahal Kopi banyak dinikmati masyarakat, kelapa sawit lahannya sangat luas di Indonesia, mencapai 13 juta hektar. "Adakah jurusan kopi? Belum ada kan? Ada kah jurusan kelapa sawit? Belum ada kan? Padahal dua jurusan ini banyak dinikmati masyarakat.," kata Presiden seperti dikutip Kompas.

Jika jurusan kopi dibuka, kata Jokowi, ada banyak hal yang bisa dipelajari seperti soal kopi toraja, kopi tubruk, kopi ekspresso, dan banyak jenis kopi lain.

Ia mengambil contoh di luar negeri ada jurusan manajemen olahraga. Maka, dunia sepak bola mereka pun terus berkembang dan menjadi juara. "Kita di Indonesia tidak adakan jurusan manajemen sepak bola. Di luar negeri ada jurusan itu, makanya juara terus mereka. Jika ada juga jurusan manajemen sepak bola di Indonesia, saya yakin dunia sepak bola kita akan maju dan selalu juara," kata Jokowi. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit