infosawit

Alain Rival: Kelapa Sawit Miliki Beragam Keunggulan



Alain Rival: Kelapa Sawit Miliki Beragam Keunggulan

InfoSAWIT, JAKARAT -Coordinator for Oil Palm Research, Cirad, Montpellier-France, Prof Alain Rival mencatat, industri minyak sawit memiliki keunggulan dari kaca mata agronomi. Misalnya, dari faktor minyak saja, kelapa sawit memiliki produktivitas 10 kali lebih tinggi dibandingkan dengan komoditas minyak nabati lainnya.

Lantas, pohon sawit mampu dengan cepat beradaptasi dengan cara budidaya dari sistem budidaya minyak nabati lainnya, bahkan mampu tumbuh walaupun tidak menggunakan bahan kimia, semisal pestisida. Sementara dari sisi hasil biomasa, berdasarkan analisa Alain Rival, pohon sawit  memiliki kapasitas fotosintesa yang sangat tinggi, serta mampu menghasilkan biomasa dalam jumlah yang cukup banyak.

Selain dari sisi Agronomi, kelapa sawit juga bisa digunakan sebagai model pengentasan kemiskinan. Hanya saja perlu syarat tertentu sehingga model itu bisa diterapkan di industry kelapa sawit. “Kita banyak mendengar kisah sukses masyarakat yang membudidayakan kelapa sawit,” kata Alain kepada InfoSAWIT.

Sampai saat ini kata Alain, banyak masyarakat yang terbantu atau naik golongan ke masyarakat menengah dengan pendapatan yang lumayan. Namun masih diketemukan penerapan kerjasama yang salah antara pelaku perkebunan dengan masyarakat sehingga masyarakat pun tidak mampu meningkatkan pendapatannya.

Sebab itu perlu dilakukan perbaikan untuk mengetahui, apakah kerjasama itu lebih baik menggunakan pendekatan skim Inti-Plasma, agroindustrial atau skim petani swadaya? Maka itu kata Alain, yang perlu dilakukan terlebih dahulu ialah melakukan pemetaan, serta memberikan penjelasan menyeluruh kepada para pelaku perkebunan swasta besar, terkait upaya mendorong perekonomian daerah. “Bila semua itu dilakukan, kelapa sawit akan sangat membantu masyarakat,” tandas Alain. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit