infosawit

Cara Membangun Kebun Dan Pabrik Kelapa Sawit



Cara Membangun Kebun Dan Pabrik Kelapa Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Booming perkebunan kelapa sawit akhir dekade ini, telah mendorong banyak masyarakat tergiur masuk ke bisnis perkebunan kelapa sawit. Hasil penjualan produk kelapa sawit yang kabarnya selangit, menjadi alasan. Terkadang banyak masyarakat awam, tanpa pengetahuan sedikitpun berani masuk ke bisnis ini.

Tentu saja, mengelola perkebunan kelapa sawit tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Alih-alih mengelola perkebunan sawit secara serampangan, bakal berdampak buruk terhadap hasil. Sudah bisa ditebak ujung-ujungnya bakal gulung tikar, atau kebun sawit nya dijual.

Maka itu perlu dilakukan perencanaan yang matang, seperti menyitir perkataan ahli strategi militer Zaman Cina kuno, Sun Tzu, dalam bukunya yang berjudul The Art of War, mencatat arti penting perencanaan.

Demikian pula saat membangun bisnis kelapa sawit, perencanaan menjadi pondasi awal supaya bisnis yang dibangun menjadi berhasil, sehingga mampu menghasilkan pundi-pundi keuntungan.

Buku buah tangan Maruli Pardamean, berjudul “Mengelola Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit Secara Profesional”, bisa menjadi awal informasi mengenai cara mengelola perkebunan dan pabrik kelapa sawit.

Apalagi dalam buku ini mencatat berbagai perencanaan anggaran untuk membangun perkebunan kelapa sawit, sekaligus perencanaan anggaran untuk membangun pabrik kelapa sawit. Tentu saja bagi pelaku yang baru akan masuk ke bisnis perkebunan kelapa sawit atau yang hendak melakukan ekspansi bisnis, buku ini bisa menjadi salah satu referensi. Silahkan mencoba !!!

 

Sumber: InfoSAWIT edisi Maret 2014, Rubrik Info Buku

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit