infosawit

Cerita Petani Sawit: Pendapatan Kami Pun Meningkat



Cerita Petani Sawit: Pendapatan Kami Pun Meningkat

InfoSAWIT, TanjungToba – Kala itu kata Kepala Dusun Tanjung Toba, Hamida, setelah dibangunnya perkebunan kelapa sawit, rata-rata warga Tanjung Toba telah memiliki pendapatan tetap. “Rata-rata pendapatan warga sekitar Rp 1,2 juta, kalau full masuk kerja, bisa sekitar Rp 1,5 juta keatas,” kata Hamida kepada InfoSAWIT di Tanjung Toba.

Bagi masyarakat Tanjung Toba, kehadiran perkebunan kelapa sawit telah merubah perekonomian masyarakat yang tinggal disepanjang bantaran sungai Pawan, Kalimantan Barat. Sehingga wajar bila tidak diketemukan pengangguran di dusun itu. Tercatat warga Dusun Tanjung Toba ada yang berkerja di perkebunan kelapa sawit milik Bumitama Gunajaya Agro Group dan perkebunan kelapa sawit milik Sinar Mas Group.

Penghasilan rata-rata petani Kelapa sawit di Desa Simpang Tiga, baru sebesar Rp 1,8 juta per Kavling/bulan. Jika memiliki 2 kavling atau seluas 4 hektar, maka total pendapatan tambahan dari lahan plasma yang dimilikinya sekitar Rp 3,6 juta setiap bulannya.

Tampilan desa mereka juga sudah mulai berubah, jika dahulu kendaraan bermotor masih jarang yang memiliki. Kini, hampir semua rumah penduduk, terdapat motor lebih dari 1 unit, menghiasi pekarangan maupun di dalam rumah mereka.

Secara nyata, keberadaan perkebunan kelapa sawit bersama petani plasma dan masyarakat sekitar, menjadikan daerah terpencil yang terisolasi terbuka, sehingga pertumbuhan ekonomi desa menjadikan lebih makmur dan merata kepada setiap penduduk desa. (T2)

 

Sumber: InfoSAWIT edisi April 2014, Rubrik Fokus

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit