infosawit

Perkebunan Kelapa Sawit Sejehterakan Masyarakat Kutai Timur



Perkebunan Kelapa Sawit Sejehterakan Masyarakat Kutai Timur

InfoSAWIT, KUTAI TIMUR Hingga saat ini luas total perkebunan kelapa sawit yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim) telah mencapai 2,6 juta ha. Wajar bilamana sebagian besar masyarakat di salah satu kabupaten di Kaltim tersebut, yakni Kabupaten Kutai Timur banyak memiliki Perkebunan kelapa Sawit,

Dengan bertumbuhnya industri kelapa sawit di Tanah Etam tersebut, mendorong terdongkraknnya perekonomian masyarakat. Ini lantaran masyarakat memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan perkebunan kelapa sawit selain penghasilan dari mengelola perkebunan kelapa sawit secara mandiri.

Dirjen Perkebunan, Kementerian Pertanian, Bambang mengatakan, keberadaan petani sawit swadaya harus selalu didukung boleh semua pihak. Salah satunya melalui dukungan kemitraan antara petani dan perusahaan perkebunan kelapa sawit. Dengan kemitraan ini petani bakal memperoleh kepastian dalam proses budidaya dan penjualan hasil panen tandan buah segar (TBS) sawit-nya.

"Sebagai petani kelapa Sawit yang memiliki banyak keterbatasan, maka dapat melakukan kemitraan dengan perusahaan Perkebunan supaya lebih maju dan  sejahtera," tutur Bambang menjelaskan di sela-sela kunjungan kerjanya di kebun kemitraan plasma swadaya mitra Sinar Mas, berlokasi di Kutai Timur, Kalimantan Timur yang dihadiri InfoSAWIT, akhir minggu lalu.

Lebih lanjut kata Bambang, lewat kemitraan petani dan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang didukung pemerintah Pusat dan Daerah, bakal mendorong produktivitas hasil panen petani sawit supaya terus meningkat. Sehingga, kehidupan petani akan jauh lebih baik dan sejahtera melalui penjualan hasil panennya.

"Jika produktivitas hasil panen petani sawit bisa meningkat, maka kesejahteraan petani pun akan terus meningkat," tandas Bambang. (T1)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit