infosawit

Penyuluhan Pertanian Mendorong Kemandirian Masyarakat Sebagai Petani Sawit



Penyuluhan Pertanian Mendorong Kemandirian Masyarakat Sebagai Petani Sawit

InfoSAWIT - Kaltim-Penyuluh Pertanian sebagai garda terdepan pemerintah,  ikut mendorong pemberdayaan masyarakat melalui usaha Perkebunan kelapa Sawit sebagai petani Sawit. 

Sebagai petani kelapa Sawit,  pemerintah berupaya Mendorong kemandirian ekonomi masyarakat dengan bekerja mengelola lahan perkebunannya sebagai petani sawit. Dimana,  keberadaan masyarakat yang memiliki lahan,  banyak yang belum digarap secara maksimal.  

Melalui penyuluhan Pertanian yang dilakukan  pemerintah di Wilayah Kabupaten Kutai Timur, turut mendorong masyarakat sebagai petani dengan budidaya kelapa Sawit. Seperti yang dilakukan Suyono,  penyuluh Pertanian yang tan pernah berhenti mengajak masyarakat untuk melakukan budidaya kelapa Sawit. 

Menurut Suyono,  kendati masyarakat banyak yang belum percaya akan kesejahteraan yang Bisa di dapat dari berkebun kelapa Sawit pads awalnya,  namun berkat kerjasama dan kerja keras masyarakat,  maka pembangunan perkebunan kelapa Sawit di Wilayah Kabupaten Kutai Timur dapat berhasil. 

"Berkat budidaya kelapa Sawit yang dilakukan dilahan miliknya,  maka masyarakat Kutai Timur dapat meningkatkan kesejahteraan ekonominya, " ujar Suyono menjelaskan. 

 

Imbuhnya,  kemandirian ekonomi sebagian besar masyarakat Kutim dewasa ini, bisa dibilang berasal dari kebun Sawit yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat.


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit