infosawit

Dua Koperasi Sawit Swadaya Mitra Sinar Mas Raih Sertifikat ISPO



RAT Koperasi Prima Pantun, Desa Jak Luay
Dua Koperasi Sawit Swadaya Mitra Sinar Mas Raih Sertifikat ISPO

InfoSAWIT, KUTAI TIMUR - Saat ini, dua koperasi binaan perusahaan, yaitu, Koperasi Jasa Mutiara Kongbeng seluas 623,51 hektar dan Koperasi Prima Pantun seluas 191,38 hektar telah melampau tahapan proses Main Audit guna memperoleh sertifikat Indonesian Sustainabel Palm Ol (ISPO) untuk skim petani sawit swadaya.

Bahkan pada Kamis (23/2/2018) lalu pihak Lembaga Sertifikasi (LS) PT Mutuagung Lestari telah menyatakan kedua koperasi tersebut telah lulus dan dinyatakan tidak ada temuan yang signifikan, alias dipastikan memperoleh sertifikat ISPO. 

Dengan demikian maka  koperasi ini menjadi koperasi plasma sawit swadaya pertama yang berhasil mendapatkan sertifikat ISPO untuk wilayah Kalimantan, dan yang kedua untuk tingkat nasional.

Kendati masih ada satu tahapan lagi yakni disidang komisi ISPO, dikatakan Kepala Sekretariat ISPO, Azis Hidayat, hasil yang telah dihasilkan dari laporan dari Lembaga Sertifikasi ini akan di lakukan evaluasi, namun sudah masuk tahap akhir, dan bila tidak ada kendala maka bisa diberikan sertifikat ISPO secara simbolis pada Maret 2018 ini. “Bila final maka sertifikatnya akan kami berikan pada Maret ini,” tandas Azis, kepada InfoSAWIT, di Kutai Timur.

Sementara dikatakan Bendahara Koperasi Prima Pantun, Heronimus Mat Eng, mengikuti sertifikasi ISPO mendorong perbaikan budidaya bagi petani sawit swadaya. Harapannya, produksi meningkat dan ekonomi petan terdongkrak. “Kami dukung penerapan ISPO ini, untuk kebaikan kami juga,” tandas Mat Eng. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit