infosawit

Asian Agri Dorong Optimalisasi Produksi Sawit dengan Teknik Tepat



Asian Agri Dorong Optimalisasi Produksi Sawit dengan Teknik Tepat

InfoSAWIT, JAKARTA - Upaya meningkatkan produksi kelapa sawit nasional secara optimal dan berkelanjutan dijabarkan oleh Asian Agri dalam Seminar Nasional bertajuk ‘Kiat Sukses Replanting dan Meningkatkan Produktivitas Kelapa Sawit Secara Berkelanjutan’ di Jakarta hari Kamis (22/2/2018).

Dalam kesempatan yang dihadiri berbagi pemangku kepentingan di industri kelapa sawit, Head of Agronomy Department di Asian Agri R&D Centre Bahilang, Sumatera Utara, Abdul Aziz membagikan pengetahuan teknis mengenai pemupukan yang tepat untuk merealisasikan potensi produksi kelapa sawit

Tingginya permintaan terhadap berbagai produk olahan berbahan dasar kelapa sawit dari dalam maupun luar negeri harus dapat ditanggapi secara positif oleh seluruh pelaku usaha. Hal ini terlihat dari permintaan ekspor kelapa sawit Indonesia sepanjang tahun 2017 yang naik sebanyak 23 persen di angka 31,07 juta ton dari tahun sebelumnya hanya sekitar 25,11 juta ton.

Dengan lahan perkebunan kelapa sawit yang terbentang luas dan prinsip tidak memperluas lahan baru, para pelaku industri kelapa sawit nasional didorong untuk meningkatkan produktivitas perkebunan di lahan yang ada saat ini. Hal ini didasari kenyataan bahwa luas lahan perkebunan sering kali berbanding terbalik dengan hasil produksi yang masih tergolong minim.

“Untuk mengoptimalkan produksi kelapa sawit, intensifikasi dapat menjadi jawaban atas permasalahan tersebut,” kata Aziz, dalam keterangan resmi kepadaInfoSAWIT.

Aziz juga menjelaskan beberapa hal penting dalam program intensifikasi yang dilakukan Asian Agri, termasuk pemilihan material tanaman unggul untuk kebun kelapa sawit, jenis dan aplikasi pemupukan yang efektif. “Kualitas dan konsistensi pemupukan tanaman menjadi faktor yang sangat menentukan dalam peningkatan produksi kelapa sawit karena proses pemupukan menyediakan unsur hara sebagai nutrisi yang dibutuhkan tanaman,” tandas Aziz. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit