infosawit

IKA Faperta IPB: Jembatani Stakeholder Kelapa sawit Lewat Acara Sarasehan



 IKA Faperta IPB: Jembatani Stakeholder Kelapa sawit Lewat Acara Sarasehan

InfoSAWIT, JAKARTA – Diakui atau tidak saat ini minyak kelapa sawit merupakan komoditas unggulan dan menjadi sumber devisa terbesar dari ekspor komoditas bagi Negara Indonesia. Bahkan, pada tahun 2017 ekspor minyak sawit tertinggi sepanjang sejarah. Ekspor minyak sawit RI menembus angka US$ 23 miliar atau meningkat 26% selama tahun 2017 dibandingkan perolehan 2016.

Pertanyaan yang muncul apakah pelaku usaha kelapa sawit memperoleh hasil selama ini dengan mudah? Atau apakah hasil dari pengelolaan kelapa sawit banyak memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan?

Tentu pertanyaan tersebut yang mampu menjawab langsung adalah stakeholder perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Dinamika lingkungan saat ini baik nasional maupun global memiliki pengaruh yang signifikan pada bisnis perkebunan. Pembangunan perkebunan kelapa sawit harus mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi perkebunan selain mampu menjawab tantangan-tantangan globalisasi.

Tantangan yang dihadapi saat ini bagi pelaku usaha kelapa sawit baik perusahan besar negara dan swasta maupun perkebunan rakyat adalah menghadapi isu pengelolaan kelapa sawit yang sangat kompleks.

Guna mengurai isu tersebut, informasi yang didapat InfoSAWIT, belum lama ini, Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Pertanian IPB (IKA Faperta IPB) yang merupakan wadah silaturahmi alumni Faperta IPB mencoba melakukan kegiatan aksi dalam menjembatani seluruh stakeholder perkebunan kelapa sawit, lewat kegiatan Sarasehan Nasional Kelapa Sawit, yang rencananya bakal digelar pada Rabu, 14 Maret 2018 yang akan datang, berlokasi di Ballroom 1, IPB International Convention Center, Bogor (Jalan Raya Pajajaran No. 1, Bogor 16680).

Dimana biaya pendaftaran acara Sarasehan Nasional Kelapa Sawit untuk umum yaitu Rp. 450.000 dan mahasiswa yaitu Rp. 100.000. Bagi yang berminat mendaftar, silahkan menghubungi panitia Erik Mulyana, MSi (081214835539) atau Lutfia Nursetya Fuadina, SP (081297437669).

Acara ini merujuk informasi dari panitia, bakal menampilkan berbagai pembicara ahli dan para praktisi perkebunan kelapa sawit dari perusahaan kelapa sawit besar dan dari Kementerian atau lembaga pemerintah.

Misalnya saja Corporate Affairs Director Asian Agri, Mohamad Fadhil Hasan, M.Sc, lantas ada Deputi Bidang Pengadaan Tanah, Kementrian ATR/BPN 2014-2017 Prof Budi Mulyanto. Direktur Utama  Pegadaian 2017 – sekarang, Direktur Forum Pengembangan Perkebunan Strategis Berkelanjutan, Achmad Manggabarani, Chief Operating Officer PT. Bumitama Gunajaya Agro, Mubarak Ahmad dan masih banyak yang lainnya. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit