infosawit

4 Keunggulan Sawit Serta Urgensitas Inovasi



4 Keunggulan Sawit Serta Urgensitas Inovasi

InfoSAWIT, JAKARTA – Dikatakan Pengamat Ekonomi  Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudistira Adhinegara, industri kelapa sawit nasional tercatat memliki empat keunggulan bagi perekonomian Indonesia, pertama, perkebunan kelapa sawit mampu menyerap tenaga kerja tinggi hingga 8,2 juta orang, dimana sekitar lebih dari 4 juta petani yang terlibat, dan lebih dari 13 juta pekerja tidak langsung.

Lantas, kedua, berdasarkan studi beberapa penelitian internasional bahwa pendapatan masyarakat di luar Jawa yang bekerja di sektor sawit, pendapatannya 4 kali lebih tinggi dari garis kemiskinan. Ketiga, kelapa sawit meningkatkan kinerja sektor manufaktur terutama pertumbuhan industri makanan dan minuman tertinggi sebesar 9,23% pada 2017.

Ppastinya yang keempat, sawit menjadi penyumbang devisa terbesar di Indonesia. Menurut Bhima, sumbangan devisa sektor sawit  per 2017 mencapai Rp 300 triliun. “Porsi ekspor sawit terhadap total ekspor non migas mencapai 15,1%,” kata Bhima dalam acara diskusi yang diadakan oleh Forum Wartawan Pertanian yang dihadiri InfoSAWIT, Rabu, (7/3/2018), di Jakarta.

Lebih lanjut kata Bhima dengan berbagai keunggulan dimiliki sawit untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan ekspor. Seharusnya, pemerintah dapat mengandalkan sawit untuk menopang target pertumbuhan ekspor 11% pada 2018.

Kendati memiliki beragam keunggulan, sektor kelapa sawit masih sepi inovasi, kata Bhima, pada 2017 lalu Global Innovation Index Indonesia hanya menduduki peringkat 87, lantas Global Competitiveness Index Indonesia menduduki peringkat 36. Artinya kata Bhima, guna meningkatkan daya saing sawit maka dibutuhkan banyak inovasi.

Apalagi untuk saat ini akses untuk mendapatkan lahan guna pengembangan perkebunan kelapa sawit diberbagai daerah di Indonesia semakin sulit. “Industri kelapa sawit bisa mendukung targetPemerintahan Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor nasional dan pertumbuhan ekonomi. Asalkan komoditas memperoleh kemudahan dalam berusaha dan tidak dibebani regulasi yang bersifat kontraproduktif,” katanya. (T2)

 

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit