infosawit

Wilmar & Dewan Sertifikasi Sawit Malaysia Kerjasama Dorong MSPO



Wilmar & Dewan Sertifikasi Sawit Malaysia Kerjasama Dorong MSPO

InfoSAWIT, SINGAPURA - Wilmar International Limited (Wilmar) dan Dewan Sertifikasi Minyak Sawit Malaysia (MPOCC) bekerjasam untuk membantu semua pemasok Wilmar di Malaysia dalam mendapatkan sertifikasi Malaysian Sustainable Palm Oil (MSPO) pada akhir 2019. Tercatat lebih dari 260 pemasok pabrik yang mencakup lebih dari 55% keseluruhan pabrik di Malaysia diharapkan mendapat keuntungan dari kemitraan ini.

Dengan kepentingan keberlanjutan bersama, tiga bidang kolaborasi telah diidentifikasi untuk menghasilkan dampak terbesar dalam jangka waktu dua tahun tersebut. Mereka dikonseptualisasikan untuk terlibat, berbagi pengetahuan dan memberikan dukungan kepada pemasok dalam mempersiapkan mereka untuk mendapatkan sertifikasi MSPO.

Alat Pelaporan Pemasok

Dikembangkan oleh Wilmar, alat ini memungkinkan pemasok untuk mengukur kinerjanya terhadap persyaratan MSPO dan Kebijakan Wilmar No Deforestation, No Gat, No Exploitation (NDPE). Wilmar dan MPOCC, di sisi lain, akan dapat mengidentifikasi kesenjangan dan menerapkan sumber daya seperti bantuan audit secara lebih efektif. Alat ini diperkirakan akan diluncurkan menjelang akhir Maret 2018 kepada pemasok kilang PGEO Wilmar di Johor Bahru. Ini akan diperluas ke semua pemasok Wilmar di Malaysia pada akhir 2018.

Sertifikasi kelompok untuk pemasok kecil dan menengah di Sabah

Wilmar telah mengidentifikasi beberapa petani kecil dan menengah di wilayah Sapi yang menghadapi tantangan dalam memenuhi persyaratan MSPO. Pemasok ini akan dikaitkan dengan pabrik tertentu dan akan memiliki akses terhadap pelatihan dan bantuan untuk sertifikasi kelompok berdasarkan Skema Sertifikasi MSPO.

Pelatihan praktik terbaik untuk pemasok di Sarawak

Roadshow direncanakan bekerja sama dengan MPOCC untuk membantu pengembangan kapasitas bagi pemasok di Sarawak untuk menerapkan praktik berkelanjutan termasuk praktik pertanian yang baik yang merupakan bagian dari persyaratan MSPO.

Chief Sustainability Officer di Wilmar, Jeremy Goon mengatakan, pihaknya selalu percaya bahwa bekerja sama dengan berbagai pelaku di seluruh rantai pasokan sangat penting dalam mengubah industri kelapa sawit. Dengan MPOCC, upaya bersama ini diharapkan dapat membuka jalan bagi industri kelapa sawit berkelanjutan di Malaysia yang mencakup petani kecil yang mendapatkan keuntungan dari produktivitas, hasil dan pendapatan yang lebih tinggi. “Kami juga melihat ini sebagai langkah menuju kepatuhan yang lebih tinggi dan memenuhi kebijakan komersial Wilmar serta memenuhi permintaan dari konsumen secara global untuk kelapa sawit bersertifikat yang berkelanjutan," katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, awal minggu ini.

Ketua MPOCC, Datuk M. Nagarajan mengungkapkan, MPOCC menyambut baik inisiatif Wilmar untuk mempromosikan dan mendapatkan sumber dari entitas bersertifikat MSPO dalam rantai pasokan.

Selain itu, inisiatif Wilmar juga akan mendorong perusahaan perkebunan besar lainnya untuk memperluas kerja sama mereka dengan membawa pemasok mereka dalam memenuhi sertifikasi MSPO wajib pada akhir 2019. “Kami yakin ini akan semakin meningkatkan citra positif minyak sawit lestari bersertifikat dari Malaysia kepada pasar global,” kata dia. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit