infosawit

Sertifikasi Sawit Malaysia Mandatori Tahun 2019



Sertifikasi Sawit Malaysia Mandatori Tahun 2019

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Jika di Indonesia ada Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO), maka di Malaysia ada Malaysia Sustainable Palm Oil (MSPO), dimana skema Sertifikasi MSPO telah dilaksanakan sejak Januari 2015 lalu secara sukarela dan akan ditingkatkan pelaksanaannya secara wajib (mandatory)  pada bulan Desember 2019.

Merujuk informasi yang didapat InfoSAWIT dari Sekretariat MSPO, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang telah disertifikasi berdasarkan skema lain seperti RSPO dan ISCC diwajibakan mendapatkan sertifikasi MSPO paling telat pada 31 Desember 2018.

Sementara perusahaan perkebunan kelapa sawit yang belum memliki sertifikasi RSPO dan ISCC diwajibkan melakukan sertifikasi MSPO paling telat pada 30 Juni 2019. Untuk sertifikasi pada petani kecil, baik yang independen maupun yang terorganisir, perlu mendapatkan sertifikasi MSPO pada tanggal 31 Desember 2019.

Untuk memacu serapan sertifikasi MSPO, pemerintah Malaysia telah memberikan bantuan keuangan kepada petani kecil, petani dan fasilitas pengolahan. Ini adalah dukungan  pemerintah untuk memfasilitasi pelaksanaan sertifikasi MSPO dan membantu mengurangi biaya untuk mendapatkan sertifikasi MSPO. “Sertifikasi MSPO diimplementasikan secara nasional dan menjadi dasar bagi branding kelapa sawit Malaysia di masa depan sebagai berkelanjutan, sehat dan aman,” catat pihak Sekretariat MSPO. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit