infosawit

Indonesia pun Cari Pasar Baru Minyak Sawit



Indonesia  pun Cari Pasar Baru Minyak Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA – Menghadapi reaksi dari tudingan miring dari pihak Uni Eropa, Indonesia sebagai produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia kini giat memperluas pasar minyak sawit baru. Segala cara dilakukan sampai melakukan kesepakatan diluar kebiasan lewat menukar minyak sawit dengan kapal jet Sukhoi.

Tulis Reuters, hingga saat ini kawasan Uni Eropa adalah tujuan ekspor minyak sawit terbesar kedua setelah India untuk Malaysia dan Indonesia, dengan pangsa pasar global bernilai US$ 40 miliar. Sayangnya pengguna minyak sawit di Uni Eropa kerap menuding kelapa sawit asal Indonesia menjadi biang meningkatnya kebakaran dan perusakan hutan, hal ini mendorong Indonesia membuka pasar baru dari Afrika sampai Myanmar.

Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi adanya penurunan serapan minyak sawit asal Indonesia ke Uni Eropa, pada akhirnya industri pun terpaksa memasuki pasar baru kendati dengan harga yang lebih ekonomis, untungnya Indonesia lebih baik dari Malaysia lantaran biaya produksi yang lebih rendah.

Tutur Deputi Menko Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Kemenko, Musdhalifah Machmud, prinsipnya pelaku sawit di Indonesia tidak sediktipun untuk melepas kontrak perdagangan, justru terus melihat potensi perdagangan yang ada. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit