infosawit

SDM Sawit Mesti Dibekali Sertifikat Profesi



SDM Sawit Mesti Dibekali Sertifikat Profesi

InfoSAWIT, BEKASI - Peningkatan ketersedian Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya untuk sektor kelapa sawit masih perlu terus dilakukan, apalagi hingga saat ini pertumbuhan industri tersebut tercatat masih terus berjalan.

Salah satu upaya pemenuhan itu lewat program Beasiswa Pendidikan dan Pelatihan Kelapa Sawit Setara D1, bagi anak-anak petani kelapa sawit. Hanya saja penerapan pendidikan untuk mereka kalau bisa tidak hanya menyangkut soft skill, pendidikan mengenai kedisiplinan dan keuletan juga perlu diterapkan.

Lantas, para peserta progam pendidikan D1 perlu pula dilakukan uji kompetensi. Apalagi untuk beberapa negara di Asean sudah menerapkan hal tersebut, seperti Malaysia dan Singapura. Ini dilakukan selain untuk meningkatkan tingkat keahlian SDM juga menjadi dasar bukti kompetensi yang dimiliki SDM sawit.  “Sebab itu mereka perlu dibekali dengan uji kompetesi. Supaya anak-anak ini bisa dengan cepat beradaptasi dengan pekerjaannya dan memiliki nilai tambah,” tandas Ketua Yayasan Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi, Iskandar Kristantoro kepada InfoSAWIT, belum lama ini di Bekasi. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit