infosawit

Grup Sawit BGA Dorong Peningkatan Ekonomi Kerakyatan



Grup Sawit BGA Dorong Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

InfoSAWIT, JAKARTA – Bagi Hairi warga Dusun Kertaraja Kecamatan Kendawangan Kiri, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, menjadi tukang pandai besi sebagai sumber pendapatannya kini ditekuninya.

Sebelumnya Hairi sempat bekerja serabutan, namun lantaran industri rumahan pandai besi yang dirintis sang Ayah tidak kunjung berkembang, maka Hairi pun berinisiatif meneruskan usaha ayahnya tersebut.

Cerita Hairi kepada InfoSAWIT, Rabu (14/3/2018) di Jakarta, dengan melakukan kemitraan bersama perusahaan perkebunan kelapa sawit Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group, usaha rumahannya itu kini terus berkembang.

Bahkan yang sebelumnya Hairi hanya memiliki satu laryawan kini sudah memiliki tiga karyawan untuk memenuhi pesanan yang setiap bulannya mencapai 80 mata dodos. “Usaha ini terus berkembang setelah melakukan kemitraan dengan BGA Group, tahun 2015 lalu,” katanya.   

Kemitraan ini dalam bentuk pembangunan tempat workshop untuk pembuatan dodos, oleh pihak perusahaan. “Kami hanya menyediakan tempat, perusahaan yang membangunkan tempat workshop serta melakukan pembinaan untuk peningkatan kualitas produksi dodos kami,” kata Hairi.

Paling tidak kini setiap dua bulan sekali permintaan dodos dari perusahaan selalu ada sekitar 200 mata dodos untuk penggantian dodos yang sudah tumpul. Cara demikian kata Hairi, membantu pihaknya untuk terus mengembangkan usaha panda besi. “Tentu saja kualitas dodos kami disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan perusahaan,” tandas Hairi. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit