infosawit

Darmin Nasution: Selain Produktivitas, Propaganda Sawit Harus Kita Hadapi



Darmin Nasution: Selain Produktivitas, Propaganda Sawit Harus Kita Hadapi

InfoSAWIT, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Darmin Nasution mengatakan, kelapa sawit saat ini menjadi komoditas penting yang mempengaruhi perekonomian Indonesia. Kalau kelapa sawit berhasil baik, maka ekonomi rakyat dan negara akan baik. Karena itu, apapun tantangannya, semua masalah terkait sawit harus kita hadapi.

“Kita semua harus mampu memberikan penjelasan, perlawan atau apapun itu dalam upaya menghadapi bukan hanya kampanye negatif tetapi juga propaganda yang tidak fair,” kata Darmin dalam sambutan pada Musyawarah Nasional X Gabungan Pengusaha Sawit Indonesia (GAPKI) di Hotel Fairmont, Rabu (14/3).

Pemerintah bersama dunia usaha harus  bekerjasama untuk melakukan perlawanan dalam menghadapi kampanye negatif itu.

Di dalam negeri, tutur Darmin, Indonesia telah memiliki Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) yang pendanaannya berasal dari CPO Fund untuk membela kepentingan sawit Indonesia. Artinya melalui keberadaan lembaga tersebut menjadi bentuk dukungan kepada pengembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia, termasuk sebagai bentuk dukungan dalam menghadapi tantangan lainnya.

Pengadaan bibit yang baik juga bisa menjadi upaya pengembangan perkebunan kelapa sawit, utamanya dalam perbaikan produktivitas yang masih rendah bagi kelapa sawit yang dikelola petani swadaya. “Bibit palsu yang menurunkan produksi CPO pada kisaran  30-40% sayangnya, bibit palsu yang marak beredar,” katanya.

Darmin juga memastikan, pemerintah akan mengundang korporasi sawit besar untuk membantu pemerintah untuk penyebaran bibit-bibit sawit yang baik.

Kedepan, pihak pemetintah  harus mampu mengubah perilaku menanam petani budidaya yang sangat individual dan subsiten salah satunya dengan bibit-bibit sawit yang baik. ”Jangan takut, ini tidak gratis. Pemerintah siap membeli bibit tersebut dari dunia usaha,” tandas Darmin. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit