infosawit

BGA Group Wujudkan Mimpi Petani Sawit



Sekretaris KUD Bukit Janji Bersama, Budi Santoso
BGA Group Wujudkan Mimpi Petani Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA – Diceritakan Sekretaris KUD Bukit Janji Bersama, Budi Santoso (50), warga desa yang tergabung dalam KUD tersebut telah mengalami kondisi ekonomi sulit. Padahal dengan membudidayakan kelapa sawit harapannya memperoleh untung berlipat.

Namun setelah perusahaan mitra gulung tikar, nasib seluruh anggota koperasi jadi karut marut, proses budidaya seadanya lantaran keterbatasan dana serta menjual buah sawit ke tengkulak telah menggerus pendapatan petani sawit yang berlokasi di Desa Lalang Panjang,  Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Delapan tahun kondisi ekonomi masyarakat tidak menentu, sekali rotasi panen hanya mencapai  3 sampai 10 kuintal saja. “Pendapatan kami tidak menentu, paling banter sekitar di bawah satu juta rupiah,” tutur Budi kepada InfoSAWIT, Jumat (16/3/2018) di Jakarta.

Kini setelah ada take over perusahaan sebelumnya oleh PT Inti Sawit Lestari (ISL) anak usaha Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group pada tahun 2015 lalu, telah memberikan harapan baru dan potensi peningkatan ekonomi dengan pendapatan yang layak.

“Saat ini KUD kami sedang melakukan kemitraan dengan phak perusahaan untuk melakukan peremajaan sawit rakyat seluas 450 Ha melibatkan sekitar 500 KK, yang pendanaannya bakal didukung pula dari dana sawit,” kata Budi.

Dengan adanya rencana replanting ini harapan Budi, perekonomian masyaraat bisa kembali pulih, dan mimpi membudidayakan kelapa sawit bisa untung berlipat bukan hanya sekedar mimpi. “Dengan danya kerjasama ini selain kebun sawitnya diperbaiki, masyarakat juga berpeluang bisa memperoleh pendapatan menjadi karyawan harian, atau melakukan kegatan lain seperti membudidayakan ikan, atau menanam jagung disela sawit yang belum menghasilkan,” tandas Budi. (T2)  

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit