infosawit

Sektor Sawit Butuh Roadmap SDM



Sektor Sawit Butuh Roadmap SDM

InfoSAWIT, JAKARTA - Sejatinya untuk mengembangkan SDM sawit dibutuhkan roadmap yang jelas. Bahkan setelah BPDP-KS membangun roadmap riset, semestinya dilanjutkan dengan pembuatan roadmap pengembangan SDM. Hanya saja dalam pembuatan roadmap SDM sawit  ini tidak bisa dilakukan serampangan, lantaran harus bersinergi dengan roadmap pengembangan industrinya.

Sehingga pengembangan SDM kedepan bisa mengikuti arah industri sawit yang akan dikembangkan. “Jangan sampai kita buat roadmap pengembangan SDM ke hulu, industri justru bergerak ke hilir,” kata Kepala Divisi Program Pelayanan Direktorat Penyaluran Dana BPDP-KS, Prayuda Muljo, kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

Sebab itu, sinergi roadmap harus dilakukan. Alasan inilah yang pada akhirnya sampai saat ini roadmap SDM sawit belum bisa dibangun. Sehingga pengembangan SDM lebih pada untuk menyongsong program peremajaan kelapa sawit rakyat yang memiliki tujuan untuk meningkatkan produktivitas.

Haya saja  sayangnya program peremajaan sawit itu mengalami keterlambatan, sementara persiapan SDM atas kerjasama Apkasindo dan lembaga pendidikan justru dengan cepat telah bergerak.

Sebab itu guna mengisi kekosongan, maka para lulusan beasiswa D1 masih diperbolehkan untuk  memilih bekerja di perusahaan. “Ketimbang mereka menjadi pengangguran dengan keahlian, maka jadinya akan lebih buruk. Maka biarlah mereka bekerja ke industri sehingga ada tambahan keilmuan praktik pengelolaan perkebunan sambil menunggu program peremajaan sawit rakyat berjalan,” tandas Prayuda. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit