infosawit

Misi Dagang di Taiwan Hadirkan Sekitar 200 Pelaku Usaha



Misi Dagang di Taiwan Hadirkan Sekitar 200 Pelaku Usaha

InfoSAWIT, Taipei, 23 Maret 2018 – Indonesia semakin diperhitungkan sebagai negara yang menyandang predikat kemudahan berusaha. Hal ini ditegaskan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Arlinda di hadapan sekitar 200 pelaku usaha dari Indonesia dan Taiwan pada Forum Bisnis Indonesia-Taiwan, Jumat (23/3). Forum bisnis yang diadakan di Taiwan World Trade Center, Taipei ini merupakan rangkaian misi dagang Kementerian Perdagangan ke Taiwan yang dipimpin Arlinda pada 22-25 Maret 2018.

“Indonesia terus memperbarui dan membuka ekonominya. Hasilnya, terdapat beberapa peningkatan dalam hal kemudahan berbisnis, dan nilai investasi yang mendukung kemudahan berusaha di Tanah Air. Peringkat kemudahan berusaha (ease of doing business/EODB) naik dari 91 ke 72 di tahun 2018,” jelas Arlinda, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Jumat (23/3/2018).

Arlinda juga menyampaikan capaian-capaian Indonesia lainnya mencakup peningkatan indeks kompetitif global dan daya tarik sebagai negara tujuan investasi. “Global Competitive Index 2017-2018 menempatkan Indonesia dari peringkat 41 menjadi 36. Sementara itu, berdasarkan laporan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), Indonesia berada pada peringkat ke-4 sebagai negara calon tujuan investasi, tempat paling favorit di dunia untuk berinvestasi,” kata Arlinda.

Total ekspor Indonesia pada tahun 2017, kata Arlinda, adalah US$ 168,8 miliar atau meningkat 16,27% dibandingkan tahun sebelumnya. Nilai tersebut terdiri atas ekspor nonmigas sebesar US$ 153 miliar yang meningkat 15,89% dari tahun 2016, serta ekspor migas sebesar US$ 15,7 miliar atau naik 20,09% dari tahun 2016.

Saat ini, lanjut Arlinda, Indonesia juga tengah berupaya mengubah ekonominya menjadi lebih modern. “Indonesia terus berupaya mengembangkan dan memodernisasi ekonomi, khususnya terkait infrastruktur ekonomi Indonesia,” jelas Arlinda.

Forum bisnis Indonesia-Taiwan bertujuan memfasilitasi para pebisnis dari Indonesia dengan mitra mereka dari Taiwan untuk mendiskusikan kerja sama perdagangan yang potensial di masa depan. Forum bisnis tersebut termasuk dari rangkaian acara Indonesian Week 2018. Pada forum ini diadakan seminar mengenai ekonomi, pariwisata, dan tenaga kerja Indonesia. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit