infosawit

Tercapainya Ketahanan Pangan Butuh Kolaborasi Berbagai Pihak



Tercapainya Ketahanan Pangan Butuh Kolaborasi Berbagai Pihak

InfoSAWIT, JAKARTA – Darmin Nasution, Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, mengajak berbagai pihak di Asia Tenggara untuk memastikan setiap orang mendapatkan pangan yang aman dan bergizi, serta berkolaborasi dalam menjawab tantangan dalam isu perubahan iklim, pertumbuhan populasi, dan kompetisi penggunaan lahan. Darmin menyampaikan, “RBF Jakarta merupakan mitra strategis bagi pemerintah Indonesia dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Kami mengharapkan sinergi semua pihak untuk menghadirkan aktivitas agrikultur yang menarik, termasuk bagi para pemuda,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Senada diungkapkan Presiden dari Indonesian Business Council for Sustainable Development (IBCSD) & Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Shinta Kamdani, yang  meminta para pemangku kepentingan bekerja sama dalam satu arah untuk mencapai SDGs.

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia merupakan produsen utama agrikultur dan jembatan antara Asia dan Australia. “Bisnis yang dilakukan secara biasa bukan lagi pilihan. Kita membutuhkan kepemimpinan dan cara berpikir yang baru untuk memecahkan tantangan pembangunan berkelanjutan,” ujar Shinta.

 Co-Chairman, PISAgro & Chief Executive Officer, Golden Agri-Resources, Franky Widjaja,  mengungkapkan hal serupa mengenai kebutuhan kolaborasi lintas pemangku kepentingan untuk mentransformasi nilai rantai pangan dan agrikultur. Franky menantang peserta forum untuk “membuahkan hasil” dengan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan para petani.  (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit