infosawit

Usaha Perkebunan Kelapa Sawit Dianggap Tak Miliki Perencanaan



Usaha Perkebunan Kelapa Sawit Dianggap Tak Miliki Perencanaan

InfoSAWIT, JAKARTA – Kendati regulasi yang mengatur sektor kelapa sawit telah banyak, sayangnya, pengembangan kelapa sawit di Indonesia dianggap belum memiliki perencanaan usaha.

Misalnya, Undang-Undang No. 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan memandatkan alokasi ruang usaha budidaya harus berdasarkan perencanaan perkebunan. Sementara pemerintah daerah sebagai penerbit izin tidak memiliki sistem perencanaan perkebunan sesuai mandat UU 39/2014.

SelainituPeraturanMenteriPertanian (Permentan) No. 98/OT.140/9/2013 tentang Perizinan Usaha Perkebunan, tidak mengatur mekanisme sanksi terhadap izin yang melangggar tata ruang. Akibatnya, izin usaha perkebunan diterbitkan tidak sesuai dengan peruntukan ruang. Contohnya, Perwakilan dari Deputi Bidang Pencegahan KPK, Sulistyanto, mengatakan, di Kabupaten Ketapang ditemukan 3898 hektar hak guna usaha (HGU) berada dalam lahan IUPHHK-HA dan Izin Pertambangan.

Lantas, tidak ada mekanisme integrasi perizinan dalam skema satu peta. Mekanisme verifikasi lahan tidak dilakukan oleh pemberi izin dan tidak ada instrumen verifikasi antarlintas perizinan dan tata guna lahan karena tidak ada satu peta yang sama yang menjadipegangan dalam pemberian izin.

Lebih lanjut, kata Sulistyanto, alur perizinan di sektor perkebunan terfragmentasi berdasarkan kewenangan berbagai lembaga negara. Permentan 98/OT.140/9/2013 secara formal tidak mengatur mekanisme koordinasi antara pemerintah daerah dengan K/L dalam proses penerbitan dan pengendalian izin usaha perkebunan.

Akibatnya, pengendalian izin tidak efektif (kasus tumpang tindih lahan) dan menimbulkan ketidakpastian hukum (kasus ijin usaha perkebunan (IUP) yang tidak memiliki HGU karena berada dalam kawasan hutan atau kasus IUP dengan izin lingkungan sudah dicabut tetapi perusahaanya masih beroperasi).(T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit