infosawit

9 GROUP PEKEBUN SAWIT KECIL RAIH SERTIFIKAT RSPO



9 GROUP PEKEBUN SAWIT KECIL RAIH SERTIFIKAT RSPO

Tidak hanya pelaku usaha, pekebun sawit kecil swadaya pun mampu menerapkan Prinsip dan Kriteria Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Tercatat sudah ada sebanyak 9 group pekebun sawit swadaya memperoleh sertifikat RSPO.    

Sampai tahun 2017, pekebun sawit kecil baik plasma dan swadaya yang memperoleh sertifikat RSPO tercatat terus bertambah. Merujuk laporan RSPO, sampai Juni 2017, di dunia luasan lahan pekebun sawit kecil plasma dan swadaya yang telah memperoleh sertifikat RSPO seluas 333,345 ha, dengan melibatkan 139,123 pekebun.

Dengan demikian terdapat peningkatan kepesertaan pekebun sawit kecil sekitar 21% dibandingkan tahun 2016 lalu, yang hanya mencapai 109.415 pekebun sawit kecil yang memperoleh sertifikat RSPO pada periode yang sama.  

Sementara di Indonesia, merujuk data dari RSPO, luasan lahan yang sudah mendapatkan sertifikat RSPO seluas 190,064 ha dengan melibatkan sebanyak 111,816 pekebun sawit kecil.

Guna mendukung terus bertumbuhnya pekebun kecil secara khusus pekebun swadaya menerapkan praktik budidaya berkelanjutan, sejatinya pihak RSPO pun telah menyiapkan skim bantuan pendanaan untuk pekebun kecil swadaya, bernama RSPO Smallholder Support Fund (RSSF).

Menurut Country Director RSPO untuk operasi di Indonesia, Tiur Rumondang, RSSF bisa menjadi salah satu cara untuk membantu pekebun sawit kecil dalam upayanya memperoleh sertifikat RSPO.

Dalam skim RSSF terdapat 3 cara untuk memperoleh dukungan pendanaan, pertama, Smallholder Certification Project, atau untuk mendukung  . . . .


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit