infosawit

PELUANG CERAH INDUSTRI OLEOKIMIA DI 2018



PELUANG CERAH INDUSTRI OLEOKIMIA DI 2018

PERTUMBUHAN INDUSTRI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI INDONESIA, MEMBERIKAN BANYAK PELUANG USAHA BAGI INDUSTRIAWAN. BERTUMBUHNYA PASOKAN AKAN MINYAK SAWIT MENTAH ATAU CPO, MEMBERIKAN PELUANG BESAR TERHADAP KEBERADAAN INDUSTRI OLAHAN CPO YANG MENGHASILKAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DAN TERBARUKAN. DENGAN TUJUAN UTAMA AKAN PASAR EKSPOR YANG MASIH MENGGIURKAN.

Pembangunan industri hilir CPO memang masih menjadi barang “mahal” di Indonesia. Bisa dianggap “mahal”, lantaran masih memiliki banyak peluang pasar ekspor. Biaya mahal yang harus dikeluarkan, memang berawal dari nilai investasi besar yang harus dikeluarkan investor. Dimana, selain faktor pendanaan, juga harus memiliki kemampuan penjualan produk oleokimia yang mumpuni.

Industri oleokimia yang menjadi dasar industri hilir sawit memang masih memiliki peluang besar untuk terus dikembangkan di Indonesia. Potensi besar industri oleokimia masih berpusat terhadap produk yang berorientasi pasar ekspor. Seperti industri oleokimia yang menghasilkan produk fatty acids dan fatty alcohol.

Kendati pertumbuhan konsumsi pasar global akan fatty acids dan fatty alcohols tidak terlalu besar, namun industri oleokimia masih memiliki ceruk pasar yang terus bertumbuh. Rata-rata setiap tahunnya, industri fatty acids akan mengalami pertambahan pasar sebesar 5% per tahun, sedangkan fatty alcohols akan bertumbuh sebanyak 3% per tahunnya.

Peluang tambahan berasal dari produk samping seperti gliserin yang juga memiliki potensi selalu bertumbuh setiap tahunnya. Produk gliserin merupakan produk samping yang memiliki nilai tambah besar bagi industri farmasi dan kosmetik. Pertumbuhan pasar global, rata-rata setiap tahunnya, masih sekitar 10% per tahun.

Legitnya berbisnis produk oleokimia di pasar global, memang masih menjadi tujuan pembangunan industri oleokimia di dunia. Keberadaan bahan baku utama seperti CPO menjadi andalan utama bagi bertumbuhnya industri oleokimia di Indonesia. Lantaran, sebagian besar industri oleokimia berada di negara-negara produsen CPO.

Sebagai negara produsen terbesar CPO, tentunya Indonesia memiliki peluang besar untuk bisa menjadi negara produsen besar produk oleokimia pula. Pasalnya, keberadaan industri oleoki . . .


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit