infosawit

Poltek Kelapa Sawit CWE, Perkuat Daya Saing



Poltek Kelapa Sawit CWE, Perkuat Daya Saing

InfoSAWIT, JAKARTA - Semakin ketatnya pengadaan sumberdaya manusia di sektor kelapa sawit, mendorong lembaga pendidikan untuk berbenah dan terus meningkatkan daya saingnya. Sehingga lulusannya bisa diterima dan diserap perusahaan.

Tercatat dalam meningkatkan daya saing perkebunan kelapa sawit maka ada tiga point penting yang mesti dipenuhi, pertama, produktivitas dan harga pokok produksi, kedua, aplikasi teknologi yang efektif dan efisien, serta ketiga, sumber daya manusia yang unggul dan kompeten.

Sebab itu, tutur Direktur Poltek Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (CWE), Nugroho, pihaknya bakal tetap terus untuk meningkatkan kelembagaan yang kuat dan mandiri supaya mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan memiliki kompetensi tinggi di bidangnya.

Upaya penngkatan daya saing ini nampak dari telah didapatnya akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk program studi D3 Manajemen logistik. “Dengan demikian seluruh program studi sudah terakreditasi B,” katanya.

Lantas, guna kebutuhan praktik para mahasiswa maka pihak Politeknik Kelapa Sawit CWE telah manambah fasiltas kebun sawit untuk praktik seluas 10 ha yang berlokasi di Subang, atau ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dari kampus. Dengan demikian maka luasan kebun sawit praktik Politeknik Kelapa Sawit CWE menjadi total seluas 12 ha. “Dengan adanya tambahan kebun sawit ini diharapkan bakal mendukung peningkatan kompetensi mahasiwa yang semakin dituntut oleh industri dan persaingan antar perguruan tingg,” katanya.

Selanjutnya adalah rencana pendirian program D4 Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan dan D4 Teknologi Rekayasa Logistik. Kedua usulan program itu tercatat telah memperoleh restu dari Kopertis Wilayah 4. “Saat ini sedang dalam proses perizinan di Kementerian Ristek dan Dikti,” kata Nugroho.

Dengan dibukanya program D4 maka secara bertahap program D3 akan ditutup. Sementara bagi mahasiswa dan mahasiswi yang telah terlanjur mengikuti program D3 bakal didorong untuk bisa melanjutkan ke program D4.

Peningkatan jenjang dari D3 ke program D4 ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tanaga kerja di lapangan. Dengan program D4 maka para lulusan bisa langsung meduduki jabatan Asisten Kebun jika bekerja di perkebunan kelapa sawit.. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit