infosawit

Asian Agri Dukung Peremajaan Sawit Rayat Dengan Bibit Topaz



Dari Kiri: Head of Corporate Communications Asian Agri, Maria Sidabutar; Topaz Seeds Senior Breeder Asian Agri, Ang Boon Beng; Direktur Corporate Affairs Asian Agri, Fadhil Hasan; Direktur Perbenihan Perkebunan Direktorat Jenderal Perkebunan, Muhammad Anas, dan Manajer Perbenihan, Pemuliaan dan Genetika TanamanPusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), Edy Suprianto.
Asian Agri Dukung Peremajaan Sawit Rayat Dengan Bibit Topaz

InfoSAWIT, JAKARTA – Peningkatan produksi minyak sawit (CPO) dengan cara intensifikasi sedang giat dilakukan, sebagai jawaban bahwa kelapa sawit Indonesia tidaklah rakus lahan. Salah satunya dilakukan oleh salah satu grup kelapa sawit nasional, Asian Agri.

Kegiatan peningkatan produktivitas kelapa sawit ini dilakukan salah satunya dengan menggunakan bibit sawit unggul. Dikatakan Direktur Corporate Affairs Asian Agri, Fahdil Hasan, Asian Agri adalah salah satu perusahaan perkabunan kelapa sawit terintegrasi dari hulu sampai hilir, dan saat ini terus melakukan inovasi untuk meningkatkan produktivitas lewat benuh unggul yang baik.

Apalagi kata Fadhil, sekitar 50% peningkatan produktivitas kelapa sawit teragantung dari penggunaan bibit sawit yang unggul. “Makanya kami sudah lama melakukan penelitian untuk pengembangan bibit sawit unggul dimana semua kegiatan itu dilakukan pada divisi riset Topaz,” katanya, kepada InfoSAWIT, dalam pertemuan dengan media, Rabu (4/4/2018), di Jakarta.

Dengan keunggulan bibit Topaz tersebut, lebih lanjut kata Fadhil, siap mendukung program pemerintah utamanya dalam meremajakan kebun sawit rakyat, serta memastikan program peremajaan sawit rakyat ini bisa menggunakan bibit sawit berkualitas. “Kami tahu banyak kebun sawit rakyat yang bibitnya tidak bersertifikat alias palsu, dan akhirnya merugikan petani,” katanya.

Direktur Perbenihan Perkebunan Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan, Muhammad Anas mengakui, sampai saat ini masih ada petani yang mengelola kebun sawit yang dibangun dengan menggunakan bibit asalan, sebab itu pihaknya akan meremajakan kebun sawit tersebut dengan menggunakan bibit sawit unggul. “Sehingga masyarakat mendapat manfaat dari berkebun sawit,” tandas Anas. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit