infosawit

Dedikasi Seorang Ahli Sawit, Roger A Gillbanks



Dedikasi Seorang Ahli Sawit, Roger A Gillbanks

InfoSAWIT, JAKARTA - Dalam kamus bahasa Indonesia, dedikasi memiliki arti atau pemahaman pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan suatu usaha atau tujuan mulia. Bila dikaitkan dengan kata pengabdian, maka dedikasi memiliki arti lebih luas yakni melaksanakan cita-cita luhur yang memerlukan keyakinan.

Bagi orang umum rasanya seolah baru mendengar nama Roger A Gillbanks, padahal bagi para agronomis di perkebunan kelapa sawit, Roger A Gillbanks dikenal sebagai sosok agronomi sejati yang berasal dari Australia.

Roger A Gillbanks, sebetulnya adalah seorang konsultan agronomi yang mendirikan  Gillbanks Associates, berlokasi di Perth, Australia. Pengalamannya di sektor pertanian dan perkebunan juga membawa sampai ke sektor perkebunan kelapa sawit. Apalagi dalam catatan, Roger A Gillbanks ternyata pernah bekerja di perusahaan Harrisons & Crosfield sampai tahun 1985 dan Kina Gillbanks sampai tahun 1998.

Roger A Gillbanks ternyata juga seorang penulis buku. Bagi para planter yang biasa di lapangan bakal mengenal bukunya yang sangat dikenal luas yakni “Oil Palm Cultivation and Management” yang pertama kali terbit tahun 1974 lalu.

Kini buku itu kerap menjadi rujukan bagi para penulis buku kelapa sawit atau penulis artikel jaman now. Dan bagi sebagian praktisi perkebunan kelapa sawit yang bisa memiliki buku tersebut tentu saja akan sangat bermanfaat bagi dasar-dasar pengembangan perkebunan kelapa sawit selain rasa bangga tentunya.

Saat ini umur Roger A Gillbanks telah mencapai 84 tahun, kendati sudah berumur, faktanya Roger A Gillbanks masih mau dan bersedia untuk turun langsung ke lapangan walau harus berjalan dengan bantuan tongkat, guna membagikan ilmu dan pengalamannya kepada planters jaman now. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit