infosawit

Dua Periode Isu Sawit GAPKI



Dua Periode Isu Sawit GAPKI

InfoSAWIT, JAKARTA – Kepengurusan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) untuk periode 2018-20123, telah resmi mengukuhkan Joko Supriyono sebagai ketua tim  formatur yang sekaligus menduduki Ketua Umum Asosiasi untuk para pelaku usaha kelapa sawit di Indonesia tersebut.

Dengan demikian Joko terpilih untuk kali kedua dalam menahkodai GAPKI, berikut isu dan gagasan yang akan dibawa GAPKI kedepan.

Tahun 2015-2018

Pengurus GAPKI Tahun 2015-2018, di pilih di Bali, dimana pemilihan kepengurusan ini, dilakukan melalui tahapan Pra Munas yang sudah memilih calon formatur pengurus. Pada Munas IX ini, terpilih Joko Supriyono dari PT Astra Agro Lestari Tbk., sebagai Ketua Umum dan Joefly J Bahroeny sebagai Dewan Penasehat.

Pada masa kepengurusan ini, isu sentral yang selalu dikemukan GAPKI kepada pemerintah menyangkut persoalan perkebunan kelapa sawit yang masih dilanda persoalan lahan dan kawasan hutan. Fokus persoalan yang selalu diangkat seputar deforestasi dan lahan gambut.

Tahun 2018-2023

Terpilih di Jakarta, pengurus GAPKI Tahun 2018-2023 dipilih melalui tahapan yang sama seperti sebelumnya, dimana Pra Munas juga sudah terlebih dahulu dilaksanakan di Medan. Salah satu keputusan Munas X adalah periode kepengurusan, yang sebelumnya selama 3 tahun, kini berubah menjadi 5 tahun lamanya.

Pada Munas X, kembali terpilih Joko Supriyono untuk kali kedua, secara aklamasi setelah meraih suara terbanyak dalam pemilihan Tim Formatur. Rencananya, kerjasama GAPKI dengan pemerintah akan dipererat guna memajukan sektor kelapa sawit nasional. (T1)

Sumber : Pusat Data InfoSAWIT, 2018.

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit