infosawit

Grup BGA Bantu Wujudkan Mimpi Petani Sawit



Grup BGA Bantu Wujudkan Mimpi Petani Sawit

InfoSAWIT,JAKARTA - KUD Bukit Janji Bersama, sebagai koperasi petani sawit di Desa Lalang Panjang, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, menghadirkan petani kelapa sawit nya yang juga menjabat sebagai sekretaris KUD, Budi Santoso (50 tahun).

Awalnya, Budi Santoso, menceritakan pengalaman pahit yang didera warga desanya, lantaran bekerjasama dengan perusahaan perkebunan, yang tidak bisa memenuhi komitmen janji yang sudah mereka sepakati. Hingga delapan tahun lamanya, kondisi ekonomi masyarakat desa tidak kunjung membaik dan kebun sawit milik warga kian tidak terurus.

Namun, warga Desa Lalang Panjang ini bersyukur atas kehadiran anak perusahaan sawit Grup BGA, PT Inti Sawit Lestari, yang berhasil mengakuisisi perusahaan mitra mereka, sejak tahun 2015 lalu. Keberadaan Grup BGA, sejak awal telah membawa banyak perubahan dan harapan baru, terutama adanya peningkatan ekonomi dan pendapatan yang layak bagi warga desanya.

Sekretaris KUD Bukit janji Bersama ini, juga mengungkapkan keberadaan perkebunan kelapa sawit milik anggotanya, yang sebagian besar sudah harus dilakukan peremajaan. Melalui kemitraan dengan perusahaan Grup BGA ini, dirinya berharap akan memiliki kebun sawit yang jauh lebih baik dari sebelumnya untuk kesejahteraan hidup keluarganya di masa mendatang.

“Kemitraan KUD dengan Grup BGA ini, juga dilakukan untuk melakukan peremajaan sawit rakyat seluas 450 hektar yang dimiliki sekitar 500 Kepala Keluarga. Kami harapkan juga dukungan pemerintah, supaya dapat memberikan bantuan pendanaan replanting yang berasal dari dana sawit,” ungkap Budi santoso kepada Menko Perekonomian, Darmin Nasution. 

Imbuhnya, melalui kemitraan petani sawit dengan Grup BGA ini, bukan sekedar mimpi semata, melainkan dapat terwujud melalui kemitraan dengan perusahaan Grup BGA. (T1)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit