infosawit

Perkebunan Kelapa Sawit Jadi Tumpuan Ekonomi Provinsi Jambi



Perkebunan Kelapa Sawit Jadi Tumpuan Ekonomi Provinsi Jambi

InfoSAWIT, Jambi – Keberadaan perkebunan kelapa sawit di Provinsi Jambi, sudah lama berkembang sebagai perkebunan yang ramah lingkungan. Pasalnya, keberadaan perkebunan kelapa sawit, selalu dikembangkan melalui praktek budidaya terbaik dan berkelanjutan. Sebab itu, perkebunan kelapa sawit terus bertumbuh, hingga menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat Jambi.

Luasan perkebunan kelapa sawit yang cukup besar di Provinsi Jambi, menjadi bagian dari ekonomi Provinsi Jambi yang selalu bertumbuh setiap tahunnya. Salah satu sumbangan ekonomi berasal dari perkebunan kelapa sawit yang berkembang dengan pesat. Tak hanya perkebunan kelapa sawit milik korporasi semata, melainkan juga perkebunan kelapa sawit milik masyarakat sebagai petani kelapa sawit.

Keberadaan perkebunan kelapa sawit sendiri, telah menjadi bagian dari lingkungan hidup yang menjaga keberlanjutan ekosistem didalamnya. Sebab, melalui perkebunan kelapa sawit, lingkungan bisa terjaga dan tetap lestari. Seperti, aturan Pemda Jambi sejak tahun 2006 silam, yang sudah mengatur tentang pembukaan lahan tanpa membakar.

Menurut Dekan Fakultas Kehutanan, Universitas Jambi, keberadaan perkebunan kelapa sawit, memiliki sifat yang tidak terlalu berbeda dengan keberadaan hutan di Indonesia. Pasalnya, pohon kelapa sawit juga memiliki kanopi daun dan sifat-sifat yang mirip dengan keberadaan pohon-pohon didalam hutan.

“Secara umum, keberadaan perkebunan kelapa sawit, memiliki kemiripan dengan keberadaan hutan. Jika dicari kesamaan, tentunya banyak sekali persamaan nya. Namun jika dicari perbedaannya, pasti ada juga bedanya,”kata Bambang Irawan, Dekan Fakultas Kehutanan, Universitas Jambi.

Pentingnya keberlangsungan perkebunan kelapa sawit, bermuara kepada cara praktek budidaya yang diterapkan, harus berlandaskan prinsip dan kriteria berkelanjutan. Supaya perkebunan kelapa sawit bisa menghasilkan dan memberikan manfaat ekonomi bagi pengelolanya, termasuk petani kelapa sawit.

Jika keuntungan ekonomi didapat, secara langsung, perusahaan perkebunan dan petani kelapa sawit, juga akan menjaga lingkungan perkebunan kelapa sawit yang dikelolanya supaya terus berkelanjutan. Sebab dengan keberlanjutan, maka manfaat ekonomi yang didapat, akan menjadi tumpuan ekonomi masyarakat Jambi di masa depan.

“Banyak manfaat ekonomi yang bisa didapat dari perkebunan kelapa sawit, sebab itu, perkebunan kelapa sawit harus terus dikembangkan secara berkelanjutan supaya terus lestari,”tandasnya.

 

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit