infosawit

Mendorong Anak Muda Konsumsi Minyak Sawit Berkelanjutan



Mendorong Anak Muda Konsumsi Minyak Sawit Berkelanjutan

InfoSAWIT, JAKARTA -  Dalam upaya mengedukasi anak muda di Indonesia, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) bersama WWF Indonesia, membuka kompetisi Young Videomaker of “Responsible Consumption” sebagai bagian dari program Youth Leader in Sustainability melalui tagar kampanye #Beliyangbaik.

Kompetisi ini bertujuan untuk mengedukasi dan memberdayakan generasi muda Indonesia mengenai konsumsi yang bertanggung jawab, minyak sawit berkelanjutan, dan gaya hidup ramah lingkungan yang dilakukan oleh Duta Muda RSPO.

Tidak itu saja program ini juga mendukung komitmen Indonesia terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 12 mengenai Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab untuk memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan, dan tujuan nomor 13 mengenai Aksi Iklim untuk mengambil tindakan segera dalam menanggulangi perubahan iklim dan dampaknya.

“Populasi dunia akan terus meningkat, dan Indonesia secara khusus akan mengalami perubahan demografi di mana jumlah populasi generasi muda dan usia produktif akan melampaui populasi lainnya dan menyebabkan peningkatan konsumsi yang signifikan.”, ujar Footprint Campaign Coordinator dari WWF Indonesia, Margareth Meutia.

Lebih lanjut kata Margareth Meutia, pihaknya melihat bahwa generasi muda memegang peranan penting dalam mendorong konsumsi minak sawit yang berkelanjutan. “Sehingga WWF Indonesia bekerja sama dengan RSPO dalam menjalankan kampanye #Beliyangbaik untuk memulai gerakan konsumsi bertanggung jawab dari pemuda-pemudi Indonesia yang merupakan konsumen masa depan”, tambah Margareth.

Sementara itu, sebagai Youth Leader Ambassador dari Universitas Gadjah Mada yang sekaligus koordinator kompetisi ini, Nizar Nur Wacaksono menyampaikan, kompetisi ini membuka peluang bagi anak-anak muda Indonesia untuk bergabung dan bertukar pengetahuan tentang konsumsi yang bertanggung jawab, utamanya mengenai konsumsi minyak sawit berkelanjutan. “Saya semangat untuk mengembangkan komunitas muda berkelanjutan Indonesia dan menjadi bagian dari gerakan ini,” kata Nizar.

Sekadar informasi, Nizar adalah salah satu dari tiga duta muda yang dipilih selama fase awal program Youth Leader in Sustainability, termasuk Andrian Pramana dari Universitas Komputer Indonesia dan Dwi Saputri dari Universitas Gadjah Mada.

Kompetisi ini merupakan bagian dari rangkaian kampanye yang diluncurkan pada Januari 2017 oleh RSPO dan WWF Indonesia untuk membantu mengedukasi konsumen Indonesia dan meningkatkan permintaan akan produk-produk minyak sawit berkelanjutan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi dapat diakses di www.youthinsustainability.org. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit