infosawit

Kanya Lakshmi Bakal Calon Sekjen Asosiasi Sawit (GAPKI)



Kanya Lakshmi Bakal Calon Sekjen Asosiasi Sawit (GAPKI)

InfoSAWIT, JAKARTA  - Pertengahan April 2018 lalu Musyawarah Nasional (Munas) X Gabungan Pengusaha Sawit Indonesia (GAPKI) telah dilaksanakan di Hotel Fairmont, Jakarta. Munas tersebut menghasilkan formatur yang terdiri dari 5 orang, yakni, Joko Supriyono dengan perolehan suara 769, Mustafa Daulay dengan 346 suara, Kacuk Sumarto dengan 345 suara, Eddy Martono dengan 274 suara, dan Susanto sebanyak 270 suara.

Secara otomatis Ketua Formatur tersebut adalah Joko Supriyono, dan menduduki Ketua Umum GAPKI untuk lima tahun kedepan (2018-2023). Hal ini sesuai dengan amanat Munas atau lebih lama dua tahun dibandingkan kepengurusan GAPKI pada periode sebelumnya.

Yang menarik untuk dibahas adalah posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen) di GAPKI karena saat ini menjadi kursi panas. Berdasarkan penelusuran InfoSAWIT, belum lama ini, kursi GAPKI akan berpotensi ditempati oleh seorang perempuan tangguh, yakni, Kanya Lakshmi Sidarta.

Sosok Kanya memang bukanlah orang baru di GAPKI. Ia telah berkecimpung di sektor kelapa sawit sejak dulu. Dia pernah bekerja di PT Bakrie Sumatera Plantation TBk (UNSP) dan menjadi Direktur Independen di PT Golden Plantation, dan sebelumnya aktif sebagai Bendahara GAPKI.

Menurut sumber terpercaya InfoSAWIT,  Lakhsmi merupakan bagian tak terpisahkan dari kepentingan industri perkebunan kelapa sawit nasional. Menurut sumber tersebut,  Kanya dipilih sebagai calon Sekjen GAPKI baru karena dedikasi tinggi yang sudah ia dilakukan selama ini dalam organisasi GAPKI.

Kanya memang sudah lama di GAPKI sebagai pengurus pusat yang selalu bekerja memenuhi kebutuhan anggotanya.  InfoSAWIT juga mencatat, aktivitas Kanya sudah mencuat sejak jaman kepengurusan Joefly J Bahroeni sebagai Ketua Umum GAPKI.

Tidak hanya itu, posisi Sekjen yang akan ditempati sosok perempuan pertama pada kepengurusan GAPKI kali akan memiliki susunan organisasi yang cukup gemuk. Hal ini terjadi karena upaya mengakomodir beberapa kepentingan anggota, terutamadari perusahaan perkebunan kelapa sawit besar nasional. (T1)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit