infosawit

Tanjabbar Adakan STDB Gratis Untuk Petani Sawit Swadaya



Tanjabbar Adakan STDB Gratis Untuk Petani Sawit Swadaya

InfoSAWIT, JAMBI – Bagi petani kelapa sawit di Indonesia, memiliki Surat Tanda Daftar Budidaya (STDB) telah menjadi keharusan. Kepemilikan surat ini dilakukan untuk pendataan bagi keberadaan perkebunan kelapa sawit yang dikelola petani sawt swadaya (mandiri). Sehingg luasan perkebunan kelapa sawit swadaya diketahui dengan baik.

Sayangnya, untuk memiliki STDB ini tidak sedikit dari petani sawit yang harus mengeluarkan dana, padahal petani sendiri ekonominya terbatas. Untuk mengtatasai hal tersebut, Dinas Perkebunan Kabupaten Tanjung Jabung Barata (Tanjabbar), Jambi melakukan inisiatif untuk memberikan secara gratis STDB ke petani sawit secara gratis.

Berdasarkan penelusuran InfoSAWIT, penerapan STDB gratis ini dilakukan belum lama ini. Tidak hanya itu pelayanan STDB gratis ini juga dilakukan langsung ke petani-petani swadaya yang ada di wilayah Tanjabbar (berkelilig).

Launching pelayanan STDB gratis  keliling ini kabarnya akan dimulai dari desa Lubuk Kambing kecamatan Renah Mendaluh. “Pelayanan STDB gratis keliling ini untuk menjangkau petani-petani sawit swadaya,dan menjadi program Pemkab Tanjabbar,” tutur Rukaiyah Rafiq dari Yayasan Setara, saat launching program tersebut belum lama ini di Tanjabbar.

Harapannya program yang diterapkan Pemkab Tanjabbar ini bisa menjadi inspiras dan bisa diterapkan di wilayah lain, sehingga pendataan luasan petani sawit swadaya bisa dilakukan dengan baik dan upaya penerapan Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) untuk petani swadaya bisa secepatnya dilakukan. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit