infosawit

Perkuat Penetrasi Minyak Sawit Berkelanjutan di Amerika Utara



Perkuat Penetrasi Minyak Sawit Berkelanjutan di Amerika Utara

InfoSAWIT, JAKARTA - NASPON memiliki tugas besar untuk mendukung dan memperkuat kolaborasi pasar minyak sawit berkelanjutan di wilayah Amerika Utara. Melalui keberadaannya, misi NASPON adalah untuk mengedukasi pasar, membangun komitmen bersama dan membantu perusahaan-perusahaan di Amerika Utara untuk merealisasikan komitennya untuk menggunakan minyak sawit berkelanjutan.

Menurut CEO RSPO, Darrel Webber, keberadaan NASPON di Amerika Utara memiliki tugas besar untuk bekerja sama dalam jangka panjang di Amerika Utara, guna memperkenalkan minyak sawit berkelanjutan bersertifikasi RSPO - Certified Sustainable Palm Oil (CSPO) & Certified Sustainable Palm Kernel oil (CSPK) - untuk dikonsumsi konsumen Amerika Utara. Keberadaan pasar Amerika Utara, menurutnya sangat penting untuk meningkatkan konsumsi akan CSPO dan CSPK.

“Melalui NASPON, para pemangku kepentingan akan bekerja sama dalam jangka panjang untuk memberikan solusi kepada industri pengguna minyak sawit, supaya menggunakan CSPO dan CSPK,” kata Darrel, lebih lanjut,”Dibutuhkan dialog intensif mengenai minyak sawit berkelanjutan, dengan tujuan supaya minyak sawit berkelanjutan menjadi sebuah norma bersama”.

Pentingnya kolaborasi kerjasama antar pemangku kepentingan lainnya di Amerika Utara, menurut Darrel merupakan bagian dari kepentingan pasar minyak sawit berkelanjutan yang membutuhkan kerjasama multi pihak. Keberadaan NASPON menurut menurut Darrel, juga penting untuk mewujudkan tujuan bersama akan penghormatan kepada hak-hak asasi manusia, hak buruh, hak komunitas lokal dan keaneka ragaman hayati di sepanjang rantai pasok minyak sawit berkelanjutan.

Imbuhnya, kolaborasi multi pihak, seperti lembaga swadaya masyarakat (LSM), industri manufaktur, para pedagang hingga consumer goods dan produsen minyak sawit, sangat dibutuhkan untuk bersama-sama memiliki komitmen kuat untuk menggunakan minyak sawit berkelanjutan dan produk turunannya sebagai norma bersama di pasar Amerika Utara.

Menanggapi keberadaan NASPON, Direktur RSPO Indonesia, Tiur Rumondang juga menyatakan besarnya manfaat yang akan didapat, dari dialog minyak sawit berkelanjutan di pasar Amerika Utara. Dengan terbukanya pasar minyak sawit berkelanjutan, maka produksi CSPO akan meningkat dan mendukung kesejahteraan petani kelapa sawit.

“NASPON akan mendorong dialog mengenai manfaat minyak sawit berkelanjutan di Amerika Utara dan bagaimana perusahaan menerapkan kebijakan 100% rantai pasokan yang berkelanjutan dari sumber yang terpercaya guna meningkatkan produksi CSPO dan menyejahterakan petani kelapa sawit,” ujar Tiur menegaskan kepada InfoSAWIT, belum lama ini.  

Jaringan NASPON sendiri menurut RSPO berasal dari berbagai sektor seperti Ahold Delhaize, Albertsons Companies, Barry Callebaut, Blommer Chocolate Company, Bunge, Conservation International, Control union, Dunkin Brands, Fuji Oils, Grupo, Bimbo, International Flavours & Fragrances, IOI Loder Croklaan, Kellog Company, Kraft Heinz, PepsiCO, Rainforest Alliance dan Target.

Menurut Vice President of Product Integrity, Ahold Delhaize, Hugo Byrnes, perusahaan sangat yakin akan kerjasama yang akan terbangun, sehingga pasar minyak sawit berkelanjutan di Amerika Utara akan segera terbangun dengan target ambisius sebesar 100% CSPO. “Penggunaan CSPO di pasar Amerika Utara sangat penting, untuk mengurangi resiko kerusakan lingkungan dan sosial dari rantai pasok minyak sawit,” katanya menegaskan. (T1)

Sumber: Majalah InfoSAWIT edisi Februari 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit