infosawit

Sektor Sawit Didorong Cari Pasar Baru



Sektor Sawit Didorong Cari Pasar Baru

InfoSAWIT, NUSA DUA – Menko Perekonomian Darmin Nasution menyarankan agar industri kelapa sawit di Indonesia mencari pasar baru di negara-negara berkembang. Hal itu juga sejalan dengan pesan Presiden Joko Widodo kepada industri kelapa sawit nasional.

“Sebetulnya Presiden ingin mengatakan kalau mau berkembang lebih banyak, lebih lanjut, jangan hanya bertahan di pasar yang sama. Mulailah dengan pasar yang baru. Siapa pasar yang baru, itu adalah pasar dari negara-negara emerging,” kata Darmin Nasution usai membuka International Conference on Oil Palm and the Environment (ICOPE) 2018 di Bali yang dihadiri InfoSAWIT, Rabu (25/4).

Menurut dia, pasar baru yakni negara-negara berkembang memiliki tiga keunggulan. “Jumlah penduduknya besar, pendapatannya juga lumayan, dan pertumbuhan kebutuhannya lebih tinggi. Itu pesan Presiden,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, kementerian perdagangan secara khusus dan pemerintah secara umum membuat pembicaraan-pembicaraan bilateral dengan beberapa negara di Afrika dan Asia. “Penduduk dua kawasan itu besar dan kebutuhannya tinggi,” ujarnya. (T2)

 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit