infosawit

Penerapan Budidaya Sawit Berkelanjutan Dongkrak Produktivitas



Penerapan Budidaya Sawit Berkelanjutan Dongkrak Produktivitas

InfoSAWIT, Nusa Dua - Merujuk hasil risetyang telah dilakukan Universitas Jambi, menunjukkan bahwa penerapan praktik sawit berkelanjutan telah mendorong adanya peningkatan propduktivitas.

Dikatakan Dosen Universitas Jambi, Rosyani, dirinya sebelum melakukan riset tetang praktik budidaya kelapa sawit yang dilakukan Petani, melakukan inventarisasi masalah. Lantaran pada dasarnya petani sawit banyak menghadapi berbagai kendala diantaranya, pertama terkait masalah finansial, kedua, melakukan restrukturisasi organisasi petani, ketiga, Kurangnya informasi mengenai teknik budidaya yang baik dan benar.

Lantas keempat peningkatan kapasitas petani, kelima menyelesaikan masalah internal di petani. Bila semua itu bisa diselaikan, harapannya kata Rosyani, Petani Sawit akan bisa tumbuh dan berkembang. "Saat ini petani butuh pendampingan alam penerapan budidaya, bantuan finansial hingga peningkatan kapasitas," katanya dala paparan pada acara International Conference on Oil Palm and Environmental (COPE) 201, yang dihadiri InfoSAWIT, Kamis (26/4/2018) di Nusa Dua, Bali. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit