infosawit

RSPO Berikan Peluang Petani Kelapa Sawit Berkembang



RSPO Berikan Peluang Petani Kelapa Sawit Berkembang

InfoSAWIT, NUSA DUA – Perkebunan sawit merupakan isu yang terus berkembang di seluruh dunia. Banyak pro dan kontra tentang perkebunan sawit sehingga melatarbelakangi riset budidaya sawit yang dilakukan Universitas Jambi.

Dosen dan Peneliti dari Universias Jambi, Rosyani menjelaskan, strategi untuk mempertahankan sertifikat RSPO bagi smallholders kelapa sawit. Karena saat ini industri kelapa sawit yang berkelanjutan menjadi isu yang terus berkembang di seluruh dunia.

Rosyani mengakui dirinya telah melakukan riset dan penelitian khususnya bagi petani kelapa sawit di Jambi yang tergabung dalam Gapoktan Tanjung Sejati. “Dilihat dari jumlah luasan perkebunan kelapa sawit di Indonesia sebesar 14 juta hectare dan petani menguasai 5 juta hectare (35,6%), saya rasa penting melakukan riset smallholders khusus petani swadaya,” katanya dalam konferensi International Conference on Oil Palm and Environment (ICOPE) 2018, di Nusa dua, Bali, belum lama ini yang dihadiri InfoSAWIT.

Hasil riset mengungkakan motivasi Gapoktan Tanjung Sehati adalah keinginan bersama untuk menjadi mandiri. Oleh karena itu Universitas Jambi didukung Yayasan Setara menguatkan Gapoktan agar dapat mandiri. Setelah Gapoktan menerima sertifikasi RSPO, mereka mendapat banyak dukungan yang datang seperti dari peneliti dan pembeli.

Namun masih ada kelemahan seperti harga tandan buah segar (TBS) sawit yang rendah an produktivitas yang pula rendah . Kemudian ada peluang berupa dukungan pemerintah, banyak donor yang membeli hasil produksi dari Gapoktan seperti Johnson & Johnson dan Unilever. Hasilnya memicu petani sawit untuk memperbaiki pola budidaya dari cara konvensional ke praktik budidaya kelapa sawit berkelanjutan.

Rosyani menjelaskan bahwa kekuatan bersama menjadi motivasi Gapoktan. Apalagi secara tidak sadar anggota Gapoktan sudah menerapkan prinsip dan kriteria sawit berkelanjutan.

 “Gapoktan yang tidak menerapkan praktik berkelanjutan berpeluang berkembang lebih rendah. Sertifikasi RSPO bisa memberi manfaat ekonomi, dan mendongkrak produktivitas,” jelas Rosyani. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit