infosawit

Pengembangan Sektor Hulu dan Hilir Sawit Masih Timpang



Pengembangan Sektor Hulu dan Hilir Sawit Masih Timpang

JAKARTA – Saat ini Indonesia telah menjadi produsen utama minyak sawit di dunia. Disaat bersamaan muncul anggapan dari banyak pihak pemerintah tidak memiliki peran yang signifikan, namun bagi Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Sunarso, pmerintah telah banyak membantu industri kelapa sawit menjadi tumbuh pesat.

Dalam Sarasehan Nasional Kelapa Sawit, yang dihadiri InfoSAWIT, belum lama ini di Bogor, Sunarso membeberkan periode masa pengembangan perkebunan kelapa sawit nasional. Dimulai dari tahun 1989/1990, dimana pada periode ini semua fasilitas kemudahan membangun kebun sawit diberikan pemerintah Indonesia termasuk insentif bunga perbankan yang dibiayai dari dana KLBI.

Lantas pada periode 1994/1995 pemerintah kembali meluncurkan program KKPA yang juga dibiayai dari KLBI. Periode 1999/2000 terjadi krisis moneter dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar, bagi pelaku sawit kondisi ini justru membuat pendapatan meningkat pesat. Lantas, periode 2206/2007 dimana terjadi kenaika harga CPO dan penurunan bunga kredit perbankan lewat skim Revitbun. “Pada periode 2008 sampai saat ini komoditi CPO telah menjadi alternatif investasi,” tutur Sunarso.

Lantas, bagaimana pengembangan perkebunan kelapa sawit kedepan, berdasarkan analisa Sunarso, pengembangan sawit kedepan dibutuhkan strategi yang mumpuni, lantaran dengan penerapan strategi ini pengembangan sawit akan lebih terarah dan terukur keberhasilannya.

Paling tidak dalam pandangan mantan Wakil Direktur Utama Bank BRI Periode 2015-2017, ada empat strategi yang harus diterapkan, pertama, kejelasan tata ruang nasional yang diterjemahkan dalam tata ruang propinsi secara detail dan disiplin. Dengan kejelasan ini maka masalah karut marut kelapa sawit di lahan kawasan akan bisa diselesaikan dengan baik. “Tidak ada lagi tumpang tindih perizinan dan lahan di kawasan,” kata Sunarso dalam acara diskusi yang dihadiri InfoSAWIT. (T2)

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi Maret 2018 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit