infosawit

Menghitung Biaya Perawatan Jalan Di Perkebunan Kelapa Sawit



Menghitung Biaya Perawatan Jalan Di Perkebunan Kelapa Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Sebagai urat nadi penghubung transportasi, jalan merupakan salah satu elemen penting yang harus di manage dengan baik dalam pengelolaan kebun kelapa sawit. Kualitas jalan yang baik bisa berdampak langsung terhadap peningkatan kualitas operasional kebun. Disamping itu, baiknya kualitas jalan akan mampu menekan biaya operasional dari pengelolaan kebun sawit itu sendiri.

Secara umum fungsi jalan di kebun kelapa sawit dapat digolongkan menjadi tiga, diantaranya pertama, sebagai sarana transportasi TBS atau material lain dari luar kebun ke dalam kebun, dan dari dalam kebun ke luar kebun (CPO, Kernel).

Kedua, sebagai sarana transportasi Tandan Buah Segar (TBS) sawit atau material lain di dalam kebun itu sendiri (pupuk, titi panen, gorong-gorong, dll). Termasuk juga sebagai sarana transportasi mobilisasi karyawan. Dan ketiga sebagai sebagai batas blok.

 

Jenis Perawatan Jalan

Setiap perusahaan memiliki  kebijakan berbeda terhadap kuantitas dan jenis jalan  yang akan ditimbun/diperkeras. Beberapa perusahaan mengharuskan semua jalan ditimbun, sehingga seminimal mungkin terjadi langsir dengan traktror. Beberapa perusahaan lainnya cukup mewajibkan melakukan perkerasan pada jalan-jalan utama saja. Sisanya, pengangkutan pada jalan yang tidak diperkeras akan dilakukan menggunakan traktor dan alat berat lainnya. Semuanya itu terkait dengan kebijakan biaya yang akan dikeluarkan.

Untuk menghitung biaya perkerasan dan perawatan jalan banyak hal yang mempengaruhi. Hal-hal tersebut yang akan menentukan perbedaan harga. Faktor – faktor utama tersebut antara lain : Ketebalan perkerasan, Jarak quarry ke lokasi penimbunan, Running Cost Excavator – Grader – Vibro Compactor – Dump Truck dan Muatan dari DT itu sendiri per tripnya. (Muhammad Ramadan Pohan, Manager Teknik PT USTP)

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi Februari 2018

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit