infosawit

Austindo Nusantara Jaya Kembangkan Komoditas Edamame



Austindo Nusantara Jaya Kembangkan Komoditas Edamame

InfoSAWIT, JEMBER – Sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit nasonal, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJT) tidak meleulu mengembangkan satu komoditas, namun juga mengembangkan komoditas hortikultura seperti edammame.

Terlebih potensi pengembangan pasar ekspor bisnis edamame masih terbuka lebar di Kabupaten Jember dengan tersedianya sekitar 5,000 hektar lahan pertanian komersial bagi sektor bisnis untuk bekerjasama dengan petani sebagai mitra.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kab Jember, Edy Budi Susilo, sangat mendukung penuh upaya kemitraan antara petani, pelajar SMK dan sektor industri. “Jember masih menjadi pemasok utama untuk pasar ekspor edamame dari Indonesia. Ini menjadi perhatian kita semua,” tuturnya mewakili Bupati Jember Faida, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Edy mengatakan, kemitraan antara petani edamame dengan PT Gading Mas Teguh Indonesia (GMIT), sebagai penggagas sekolah edamame, harus terus dipertahankan dan kedepannya dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

Hal ini menjadi penting, ujar Edy, karena selain Jember memiliki lahan pertanian produktif seluas 86.000 hektar serta diversifikasi produk hortikultura yang beragam, usaha tanam tembakau juga perlu untuk didiversifikasikan kedepannya. “Terutama terkait tembakau, meskipun saat ini boleh dikatakan tidak jelek, masih cukup kompetitif, tetapi kita harus antisipasi bahwa pasar tembakau dunia semakin mengecil,” tandas Edy. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit