infosawit

KERJA CERDAS MASYARAKAT DESA MEMBANGUN KEBUN SAWIT



KERJA CERDAS MASYARAKAT DESA MEMBANGUN KEBUN SAWIT

MEMBANGUN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT, TIDAK BISA DIPISAHKAN DARI KONDISI MASYARAKAT YANG BERADA DISEKITAR PERKEBUNAN NANTINYA. PASALNYA, KEBERADAAN MASYARAKAT DI SEKITAR PERKEBUNAN KELAPA SAWIT NANTINYA, AKAN MENJADI BAGIAN DARI KEBERHASILAN PEMBANGUNAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT YANG BIASANYA DIKEMBANGKAN PERUSAHAAN PERKEBUNAN.

Memang secara kasat mata, keberhasilan pembangunan kebun sawit oleh perusahaan perkebunan, dapat dengan mudah dilihat dari tingkat kesejahteraan masyarakat yang berada di sekitar perkebunan itu sendiri. Sebab, keberhasilan pembangunan perkebunan kelapa sawit yang dibangun, memiliki potensi ekonomi yang besar, guna mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan.

Keberhasilan pembangunan ekonomi kerakyatan, biasanya berawal dari gotong-royong masyarakat desa melalui suatu wadah bersama seperti koperasi. Wadah koperasi milik desa inilah, yang bisa menjadikan modal utama masyarakat seperti lahan perkebunan, untuk dikembangkan bersama dengan perusahaan perkebunan menjadi perkebunan kelapa sawit.

Kendati banyak mengalami perdebatan dan perselisihan pada awalnya, namun kesadaran masyarakat desa sudah mengalami banyak kemajuan. Derasnya informasi dan pengetahuan, sudah banyak berpengaruh terhadap kemampuan masyarakat desa dalam beradaptasi dengan kemajuan ekonomi. Dimana, kemampuan ekonomi bisa meningkat memalui usaha dan kerja keras mereka.

Usaha dan kerja keras masyarakat desa, juga tak bisa dipandang sebelah mata, lantaran masyarakat desa sudah memahami siklus usaha dari suatu perkebunan. Pengalaman . .. . .


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit