infosawit

Austindo Nusantara Jaya FoKus Kembangkan Biogas Limbah Sawit



Austindo Nusantara Jaya FoKus Kembangkan Biogas Limbah Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA – Dalam paparan publik yang dilakukan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ), diinformasikan perusahaan fokus dalam pengembangan energi baru dan terbarukan.

Seperti pengembangan plant biogas berbasi limbah cair kelapa sawit (POME), lewat anak usahanya yakni PT Austindo Aufwind New Energy (AANE), yang terus fokus mengoptimalkan pabrik pembangkit listrik di perkebunan keapa sawit berlokasi di Pulau Belitung.

Pabrik ini kata Direktur Utama ANJ, Istini T Siddharta, memanfaatkan limbah gas metana menjadi listrik, berkapasitas sekitar 1,8 MW dan mampu mengalirkan listrik melalui PLN ke sekitar 2000 rumah tangga dengan kapasitas 900 VA. “ANJ juga berancana membangun pembangkit listrik tenaga biogas di perkebunan lainnya yang menghasilkan listrik yang akan digunakan untuk internal untuk mengurangi ketergantungan dari sumber energi konvensional dan mengurangi emisi gas rumah kaca,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Sementara itu perusahaan juga tercatat telah merampungkan divestasi kepemilikan 99,99% saham di PT Darajat Geothermal Indonesia (DGI) dan menjual kepasa Star Energy Geothermal, dan menjual kepemilikan saham di PT Star Energy Geothermal Suoh Sekincau (SGSS) kepada PT Barito Pacific Tbk dengan transaksi keuntungan non rutin sebanyak USS 22,4 juta. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit