infosawit

Kelapa Sawit Akan Diangkat Pada Acara IMF-WB Annual Meeting



Kelapa Sawit Akan Diangkat Pada Acara IMF-WB Annual Meeting

InfoSAWIT, ROMA - Kelapa sawit telah menjadi sasaran hoax yang cukup mengemuka di dunia termasuk di Eropa. Jika tidak diluruskan, maka Indonesia akan terkena dampak negatifnya terutama nasib 2,3 juta petani kecil di Indonesia dan 17,5 juta pekerja di sektor sawit.  “Ternyata terhadap data itu istilah halusnya banyak dilakukan distortion of fact, nah itu yang banyak dlakukan negara-negara di Eropa ini,” tutur  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, di tengah-tengah kunjungannya ke Italia pada 14-16 Mei.

Sementara dikatakan Kardinal Peter Turkson, sisi lain (dari industri ini) harus diceritakan utamanya menyorot peran industri kelapa sawit terhadap pengentasan kemiskinan. Kardinal Turkson juga menekankan bahwa peran organisasinya adalah tidak untuk berkelahi dengan pihak manapun, tapi ingin meletakkan keseimbangan antara kegiatan ekonomi sosial manusia dengan kepentingan kelestarian lingkungan.

Faktanya dukungan lain muncul dari dua badan PBB yakni Food and Agriculture Organization (FAO) dan International Fund for Agricultural Development (IFAD), terkait masalah kemanusiaan, kemiskinan, kelaparan, agrikultur, dan peningkatan taraf hidup. Kabarnya kedua organisasi PBB itu akan melakukan konferensi di Bali dengan mengangkat tema sawit bersamaan dengan penyelenggaraan IMF-WB Annual Meeting, OKotber 2018 mendatang. “Dukungan IFAD dan FAO banyak. Misalnya IFAD akan mengadakan konferensi di Bali, sementara itu mereka juga akan melakukan lobi, begitu juga FAO,” kata Luhut dalam keterangan resmi dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang diterima InfoSAWIT, Kamis (17/5/2018).

Dukungan ini muncul lantaran semua pihak sepakat dengan prinsip Sustainable Development Goals, yang mana salah satu targetnya terkait pengentasan kemiskinan. “Masalah kelapa sawit ini masalah yang harus diselesaikan secara terintegrasi, karena itu menyangkut masalah kemiskinan itu adalah kaitannya dengan SDGs itu nomer satu kemiskinan,” tandas dia (T2).

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit