infosawit

BGA Group Bina Kelompok Tani Sawit Mandiri



BGA Group Bina Kelompok Tani Sawit Mandiri

InfoSAWIT, KOTAWARINGIN LAMA – Diakui atau tidak, ekonomi menjadi yang utama dalam mewujudkan peningkatan kesejahteraan dan kehidupan seseorang. Tidak dapat di pungkiri pada saat ini strata kehidupan masyarakat dapat di lihat dan di tentukan dari tingkat ekonomi dan kesejahteraanya.

Desa Kinjil merupakan salah satu Desa yang berada di Kecamatan Kotawaringin Lama Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah. Mata pencaharian masyarakat kebanyakan adalah sebagai tenaga kerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit, petani, pegawai negeri sipil (PNS) dan pedagang.

Di bidang pertanian dan perkebunan, GAPOKTAN Sumber Harapan ini terbentuk dari gabungan 4 kelompok tani yang usaha utamanya ialah mengelola perkebunan kelapa sawit. Pada saat ini anggota kelompok tani yang tergabung dalam GAPOKTAN Sumber Harapan berjumlah kurang lebih 90 orang dengan masing-masing orang memiliki lahan seluas 1 hektar.

Sebelumnya tahun 2017 lalu kelompok tani yang tergabung dalam GAPOKTAN Sumber Harapan lebih banyak menjual hasil panen buah sawitnya kepada tengkulak yang ada di Desa Kinjil dengan harga yang relatif lebih murah.

Namun demikian setelah di lakukan pembinaan serta pendamping oleh tim CSR PT. Bumitama Gunajaya Agro (BGA), pada akhir 2017 empat kelompok tani yang tergabung dalam GAPOKTAN Sumber Harapan sudah mendapatkan SPK penjualan buah (TBS) langsung ke pabrik kelapa sawit KTWM yang berlokasi di Kotawaringin Lama.

Dengan dilakukannya penjualan langsung ke pabrik, maka GAPOKTAN Sumber Harapan memperoleh keuntungan karena dapat secara langsung melakukan penjualan ke pabrik.

Merujuk informasi yang didapat InfoSAWIT, belum lama ini pada periode Januari 2018 sampai 30 april 2018, GAPOKTAN Sumber Harapan sudan melakukan penjualan buah sawit ke pabrik sebanyak kurang lebih 568.800 ton. Dengan demikian ada nilai tambah yang dapat di berikan oleh PT BGA melalui prongam CSR melakukan pembinaan dan pendampingan  kelompok tani sawit mandiri.

Dahlan atau akrab dikenal Alan, salah satu anggota kelompok tani sawit mandiri Desa Kinjil mengungkapkan, pihyaknya sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya pembinaan dan pendampingan yang di lakukan oleh tim CSR PT. BGA.  “Kelompok tani yang ada di Desa Kinjil sudah dapat melakukan penjualan langsung hasil buahnya ke pabrik sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat Desa Kinjil,” kata Alan yag juga merupakan salah satu pengurus dari GAPOKTAN Sumber Harapan.

Sementara dituturkan, kordinator CSR region kalteng PT. BGA, Dewangga mengatakan, PT. BGA melalui kegiatan CSR akan terus mengembangkan program-program pemberdayaan ekonomi masyarakat sehingga kegiatan yang di laksanakan akan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dan dapat membantu menciptakan lapangan kerja di tingkat pedesaan. “Dengan terciptannya lapangan kerja di tingkat pedesaan di harapkan dapat menciptakan masyarakat yang mandiri dan dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran di desa,” tandas dia. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit