infosawit

Ekspor Minyak Sawit Kuartal Pertama 2018 Melorot 2%



Ekspor Minyak Sawit Kuartal Pertama 2018 Melorot 2%

InfoSAWIT, JAKARTA – Merujuk informasi dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), kinerja ekspor minyak sawit (CPO) Indonesia termasuk biodiesel dan oleokima untuk kuartal I tahun 2018 tercatat menurun 2% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sebelumnya pada kuartal pertama 2017, ekspor minyak sawit Indonesia mampu mencapai 8,02 juta ton, namun pada kuartal I di 2018 justru melorot menjadi 7,84 juta pada periode yang sama.

Sementara bila dihitung hanya ekspor minyak sawit mentah dan turunannya saja (tidak termasuk oleokimia dan biodiesel), angka penurunan itu bisa mencapai 3% (pada kurtal I 2018) atau menjadi sektar 7,5 juta ton, dibanding periode yang sama tahun lalu yang justru mampu mencapai 7,73 juta ton.

Menurut Direktur Eksekutif GAPKI, Danang Girindrawardana, penurunan itu disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kemunculan hambatan perdagangan yang diterapkan oleh beberapa negara, seperti Uni Eropa yang mengeluarkan resolusi Parlemen Eropa yang menuding sawit sebagai penyebab deforestasi, India yang menaikkan bea masuk impor minyak nabati, Amerika Serikat melancarkan tuduhan antidumping biodiesel. “Serta China memperketat pengawasan terhadap minyak nabati yang diimpor,” catat Danang dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Kamis (24/5/2018).

Disaat kinerja ekspor lagi lesu, justru produksi minyak sawit Indonesia pada kuartal I 2018 naik mencapai 24% atau menjadi 10,41 juta ton, dibandingkan periode yang sama tahun 2017 yang hanya mencapai 8,4 juta ton.

Tutur Danang, peningkatan produksi yang meningkat cukup signifikan tersebut disebabkan pada kuartal I 2017 yang masih masa pemulihan dari kekeringan yang dialami pada tahun 2015, selain itu juga luasan tanaman yang mulai menghasilkan mulai bertambah. “Hasilnya produksi dapat tetap meningkat meskipun banyak perkebunan yang melaksanakan peremajaan,” tandas Danang. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit