infosawit

BPDP Sawit Teken Pembiayaan Insentif Biodiesel 1,46 Juta KL



BPDP Sawit Teken Pembiayaan Insentif Biodiesel 1,46 Juta KL

InfoSAWIT, JAKARTA – Untuk periode Mei sampai Oktober 2018 Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) kembali melakukan perjanjian pembiayaan insentif biodiesel sawit untuk periode Mei – Oktober 2018 dengan volume mencapai 1,46 Juta Kl.

Penandatangan kesepakatan perjanjian ini menjadi bukti pemerintah untuk mendukung pembangunan industri sawit yang berkelanjutan, sekaligus mendorong peningkatan ketahanan ketahanan energy.

Tutur Direktur Penyaluran BPDP-KS, Edi Wibowo, perjanjian insentif biodiesel ini  akan disalurkan kepada 19 perusahaan biodiesel yang masih aktif, diantaranya Wilmar Group, Permata Hijau Group, Darmex, Sinar Mas Group, LDC, Tunas Baru Lampung, Musim Mas, dan perusahaan lainnya.

Lebih lanjut kata Edi, penyaluran insentif biodiesel ini telah mampu menjadi instrument dalam menstabilkan harga minyak sawit mentah (CPO) di dunia. “Dengan penyaluran insentif ini harga  CPO berada dikisaran US$ 655/ton, atau meningkat sekitar 30% disbanding harga CPO pada Agustus 2015 lalu,” katanya kepada media, Jumat (25/5/2018) yang dihadiri InfoSAWIT, di Jakarta.

Sekadar catatan, kapasitas terpasang produksi biodiesel sawit Indonesia telah mencapai 11,62 juta Kl, dengan demikian jika pemerintah meningkatkan kewajiban bauran biodiesel ke minyak solar menjadi 30% (B30), maka masih bisa dilakukan dan cukup guna mendukung pelaksanaan mandatori biodiesel B30 pada 2020.(T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit