infosawit

ANJ Bakal Dampingi Pembentukan Koperasi Sawit Masyarakat di Kais



Foto: Dok. ANJ
 ANJ Bakal Dampingi Pembentukan Koperasi Sawit Masyarakat di Kais

InfoSAWIT, SORONG SELATAN – Perusahaan perkebunan kelapa sawit,PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), belum lama ini telahmenyerahkan sejumlah uang penyelesaian yang disepakati kepada perwakilan kesembilan marga di Distrik Kais. ANJ juga menyerahkan modal awal pembentukan koperasi di Kais, serta pembelian mesin dan pembuatan perahu cepat (speedboat).

Kepala Departemen Hubungan Pemerintah dan Pemangku Kepentingan, ANJ, Gritje Fonataba, berharap, pendampingan dan pembentukan koperasi di Kais akan memberi manfaat bagi masyarakat. “Dan memastikan agar penghasilan dari operasional perahu cepat tersebut akan dapat menghidupkan koperasi,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWITbelum lama ini.

Ketua LMA, Iwaro Luther Manas berharap agar kehadiran ANJ bisa membawa dampak positif.  Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh Kepala Suku Besar Imekko, Dominggus Aifufu dengan mengatakan bahwa masyarakat tetap menginginkan kelanjutan rencana pembangunan pabrik kelapa sawit, pengoperasian perkebunan kelapa sawit dan sagu.

Merujuk informasi dari perusahaan, ANJ telah melakukan penambahan area tanam seluas 1.350 hektar, atau total keseluruhan area tertanam di perkebunan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) dan PT Permata Putera Mandiri (PPM) seluas 6.511 hektar pada akhir tahun 2017.

ANJ juga telah memulai proses pembangunan pabrik kelapa sawit, yang akan memiliki kapasitas sebesar 90 metrik ton (MT) per jam pada tahun 2021. ANJ merencanakan pembangunan lini pertama (kapasitas: 45 MT per jam) selesai pada kuartal kedua 2019, bersamaan dengan produksi tandan buah segar pertama dari perkebunan PMP dan PPM. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit